Konversi angka ke terbilang

Sering kali dalam aplikasi yang kita buat baik di dalam form atau di dalam laporan yang kita buat membutuhkan terjemahan dari angka ke dalam terbilang, misalnya "55" diterjemahkan menjadi "lima puluh lima". Konversi angka ke terbilang ini biasanya terdapat pada aplikasi akuntansi, keuangan, penjualan atau akademik.

Untuk melakukan konversi dari angka ke terbilang ini dapat dilakukan dengan banyak cara dengan berbagai macam logika yang dimiliki oleh programmer. Di link di bawah ini ada contoh penerapan dari logika untuk mengkonversi angka ke terbilang dengan rentang nilai 0 - 99999999999999.


Cara menggunakan modul konversi angka ke terbilang, sama dengan penggunaan Hexa Decimal Konverter karena sama- sama berupa file .prg yaitu sebagai berikut :
  1. Ketikkan set procedure to "c:\angka-terbilang_konverter.prg" di dalam command window, atau bila mau dimasukkan di form bisa dimasukkan di procedure init form. Sedangkan "c:\" itu adalah jika anda meletakkan file angka-terbilang_konverter.prg di C, path ini nanti silahkan diganti dengan path anda sendiri, tapi tentunya bila anda telah menjalankah syntax set defa to ... maka path ini tidak usah dicantumkan lagi.
  2. Untuk melakukan konversi dari angka ke terbilang ketikkan anktoterbilang(210) atau anktoterbilang("210"), angka 210 adalah angka yang akan anda konversikan ke terbilang, karena ini berupa fungsi maka hasilnya bisa ditampung dalam variable, misal anda ketikkan hasil=anktoterbilang(210) maka variable hasil akan berisi string "dua ratus sepuluh".
SELAMAT MENCOBA...!!

6 Response to "Konversi angka ke terbilang"

Junior Siahaan mengatakan...

mas kalo ditulis 1000 dibacanya "satu ribu".... :D

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

klewatan berarti mas..hehehe, dibetulkan sendiri pake strtran() aj mas junior...:D

Junior Siahaan mengatakan...

udah bisa mas kutambhkan,, sori maen langsung komen aja blom liat codingnya...heee

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

never main brother lanjutkan...!!..hehehe.. :D

Anton Kurniadi mengatakan...

saya masih bingung dg ststran() itu ditambahkan di mana ya?
maaf baru pemula soalnya..heheheheh

Yuddy Sumarwanto mengatakan...

Scriptnya ga bs di sedot gan,,,,

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...