Cara membuat aplikasi dengan memanfaatkan Barcode Reader

Berdasar permintaan salah satu teman Foxpro Mania yang ingin belajar membuat aplikasi dengan barcode. Berikut adalah salah satu cara atau panduan sederhana yang cocok bagi teman - teman yang baru belajar untuk mencoba membuat aplikasi dengan memanfaatkan Barcode Reader. 

Saat pertama kali ingin mencoba membuat aplikasi dengan barcode, saya mengira pasti akan membutuhkan source code yang rumit dan dengan bahasa tingkat tinggi yang sulit dimengerti oleh seorang pemula. Tetapi setelah mencoba ternyata tidak serumit itu dan bahkan ternyata tanpa source code tambahan yang khusus untuk barcode. 

Barcode reader biasanya digunakan untuk aplikasi penjualan (point of sales), aplikasi perpustakaan dan lain - lain. Fungsi dari Barcode Reader ini adalah untuk membaca sebuah data yang berupa kata atau angka yang dicetak dengan mengunakan font barcode. Sedangkan cara kerja dari barcode saat melakukan pembacaan sederhananya adalah sebagai berikut :

Ilustrasi Cara Kerja Barcode
Saat teman - teman mengarahkan sensor barcode ke sebuah gambar yang berisi cetakan font barcode dan kemudian melakukan pembacaan, maka barcode secara otomatis akan membaca font barcode tersebut dan secara otomatis akan mengeluarkan nilainya sebagai text. Dengan catatan Barcode Reader sudah terpasang dan terinstal dalam PC atau laptop, bila teman - teman kebetulan sedang membuka editor text seperti notepad, wordpad atau MS Word dan kemudian teman - teman melakukan pembacaan terhadap sebuah data barcode maka secara otomatis nilai dari data barcode tersebut akan dipastekan atau dikeluarkan ke dalam editor text tersebut. Selanjutnya gimana kalau sekarang kita coba buat form dengan satu kontrol textbox seperti gambar diatas dan melakukan langkah serupa???, ternyata hasilnya sama...saat cursor aktif di textbox dan kita melakukan pembacaan data barcode, secara otomatis juga di dalam textbox akan berisi nilai dari data barcode tersebut.

Dari ilustrasi diatas, selanjutnya trus gimana kita menghubungkan aplikasi kita dengan barcode???..mudah saja...kita tinggal memanfaatkan procedure InteractiveChange milik kontrol textbox. Sebagai pengetahuan saja bagi teman - teman yang baru belajar dan belum terlalu tau mengenai procedure InteractiveChange, procedure ini adalah procedure yang secara otomatis dijalankan bisa terjadi perubahan nilai masukan yang ada di sebuah kontrol misalkan textbox, combobox, editbox dan lain - lain. 

Dari situlah maka muncul ide yang sederhana, yaitu tinggal kita taruh saja source code kita ke dalam procedure InteractiveChange yang hubungannya dengan pencarian data berdasarkan kode yang telah didapatkan dari pembacaan barcode dan kemudian melakukan proses sesuai aplikasi kita masing - masing. Biasanya data barcode yang dicetak adalah data kode seperti kode barang dalam aplikasi penjualan, data kode buku atau kode anggota bila dalam aplikasi perpustakaan dan lain - lain. 

Jadi kesimpulannya secara sederhana, kita tidak usah memusingkan source code apa yang digunakan dalam membuat aplikasi dengan barcode, karena tinggal menggunakan procedure InteractiveChange untuk meletakkan source code dan kita atur saat bercode melakukan pembacaan dipastikan cursor aktif pada textbox dimana kita meletakkan source code pencarian dan penampilan data pada procedure InteractiveChange nya.

OK teman - teman silahkan mencoba dan berkreasi kalau ada pertanyaan silahkan kasih commen saja...!!, untuk cara membuat label dan mencetak data ke dalam font barcode, dibawah ini ada sebuah contoh project yang dibuat oleh Luis Maria di WebBlog Foxite yang bisa teman - teman gunakan.
FoxBarcode v.0.14

Sebagai tambahan aja bila teman - teman butuh Font Barcode bisa diambil DISINI. Silahkan instal dan bisa digunakan untuk mengubah kode atau data text teman - teman dalam bentuk barcode. Dan ini merupakan alternatif cara yang lebih simple untuk mencetak data dalam bentuk barcode. Karena tinggal tampilkan data text seperti biasa di dalam report dan kemudian di report designer ubah jenis font untuk kontrol field pada data yang ingin ditampilkan dalam bentuk barcode ke jenis Font Barcode yang telah diinstal tadi.


SELAMAT MENCOBA...!!

6 Response to "Cara membuat aplikasi dengan memanfaatkan Barcode Reader"

dewi mengatakan...

bisa tolong kasih tw langkah" membuat cetak barcode pada visual basic 6...?

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

Caranya mudah non.... ni ada kumpulan font barcode bisa ambil di sini. Instal aja Font tersebut...kemudian cara cetaknya tinggal saat buat laporan data yang mau dicetak dengan huruf barcode tinggal diubah jenisnya aj dengan huruf barcode. Semoga Berhasil..:)

della mengatakan...

mau tanya nih,, ada link untuk download Barcode Reader nggak???
thanks sebelumnya...

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

maksudnya download barcode reader apa ya???...barcode reader tu kan alatnya, apa yg dimaksud contoh projectnya???, atau fontnya???..kalau fontnya sudah ada tuch...

Gandis Rostiani mengatakan...

misi om admin bisa minta tolong contoh aplikasinya tapi yg pke visual studio 2008 ga ,.,trus yg bisa dibuka juga codingnya,.,hehe tolong ya om..aku lg btuh referensi bgt nih.thanks

enjoyy mengatakan...

Numpang nanya, gimana cara membuat data dengan barcode yg sudah ad..

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...