Menampilkan Report dengan Fasilitas Lengkap Menggunakan FoxyPreviewer

FoxyPreviewer adalah salah satu komponen yang dikembangkan oleh codeplex.com dan bisa digunakan secara gratis dengan mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Dengan menggunakan FoxyPreviewer teman - teman dapat menampilkan Report (*.FRX) yang telah dibuat dengan berbagai fasilitas yang lengkap daripada kita menampilkan atau mem-preview Report dengan cara standart bawaan Visual Foxpro. Fasilitas - fasilitas tambahan tersebut diantaranya adalah kita dapat menyimpan atau mencetak Report kita dengan berbagai format seperti PDF RTF, IMAGE dan HTML. Selain itu juga ada fasilitas untuk mengirimkan Report kita via email. Sebelum kita mencoba FoxyPreviewer ini silahkan download dulu project lengkap aplikasinya di link di bawah ini :


Cara menggunakan FoxyPreviewer ini terbagi menjadi 3 jenis. Ketiga jenis ini berbeda dari sisi source code yang digunakan atau untuk mengakses FoxyPreviewer, cara distribusi dan kelengkapan fasilitas yang bisa di  akses. OK langsung saja kita pelajari cara tersebut satu demi satu.

Cara Pertama :
Ini merupakan cara yang paling mudah karena untuk menggunakan FoxyPreviewer karena tinggal menggunakan syntax :

DO FOXYPREVIEWER.APP 
REPORT FORM NamaReport PREVIEW 

Dengan menggunakan cara ini maka teman - teman tidak bisa menyimpan Report dengan format TXT dan HTML. Selain itu teman - teman juga tidak bisa melakukan pemilihan printer melalui "combo list printer" dan otomatis akan menggunakan printer yang sudah diatur sebagai default printer. Dan juga tambahan fasilitas untuk menentukan jumlah berapa kali Report akan di cetak juga tidak disediakan. 
FoxyPreviewer dengan Fasilitas Terbatas
Dengan menggunakan cara ini bila teman - teman ingin mendistribusikan aplikasi yang memanfaatkan FoxyPreviewer, perhatikan hal - hal berikut :
  1. Jangan tambahkan FoxyPreviewer.APP (File ada di dalam project FoxyPreviewer v2.13 yang telah teman - teman download) ke dalam Project. Bila tetap ditambahkan harus bersifat "Exclude"
  2. Tempatkan FoxyPreviewer.APP di Folder Utama atau Satu Folder dengan Aplikasi (*.exe) yang telah teman - teman buat. Bila ingin di tempatkan di folder lain, pastikan teman - teman sudah mengatur SET PATH TO NamaFolder ke Folder tersebut.
  3. Syntax DO FOXYPREVIEWER.APP tidak harus selalu dijalankan / diketikkan sebelum menjalankan syntax REPORT FORM NamaReport PREVIEW, lebih efektif di cantumkan / diketikkan sekali saja di Main Program atau di Procedure load atau init milik Form Utama.
Cara Kedua :
Menggunakan source code di bawah ini untuk mengakses FoxyPreviewer untuk melakukan preview report.

LOCAL loReport AS "PreviewHelper" OF "FoxyPreviewer.App" 
loReport = CREATEOBJECT("PreviewHelper") 
loReport.AddReport(NamaReport)
loReport.RunReport()

Dengan menggunakan langkah ini maka source code yang digunakan untuk mengakses FoxyPreviewer akan lebih panjang dari pada cara pertama. Tetapi bila menggunakan cara ini maka semua semua fasilitas yang disediakan oleh FoxyPreviewer akan dapat diakses.
FoxyPreviewer dengan Fasilitas Lengkap
Dengan menggunakan cara kedua ini, bila teman - teman ingin mendistribusikan aplikasi yang memanfaatkan FoxyPreviewer, perhatikan hal - hal berikut :
  1. Jangan tambahkan FoxyPreviewer.APP (File ada di dalam project FoxyPreviewer v2.13 yang telah teman - teman download) ke dalam Project. Bila tetap ditambahkan harus bersifat "Exclude"
  2. Tempatkan FoxyPreviewer.APP dan File - File Report (*.FRX) di Folder Utama atau Satu Folder dengan Aplikasi (*.exe) yang telah teman - teman buat. Bila ingin ditempatkan di folder lain, pastikan teman - teman sudah mengatur SET PATH TO NamaFolder ke Folder tersebut.
Kelemahan dari cara kedua ini adalah saat melakukan distribusi aplikasi, kita juga harus menyertakan file - file Report (*.FRX) yang telah kita buat. Bila tidak melakukan hal itu maka saat menampilkan Report dengan Source Code diatas maka akan muncul pesan error yang mengatakan bahwa file Report teman - teman tidak ditemukan, meski teman - teman sudah merasa menyertakan file -file Report tersebut di dalam project sebelum Mem-Build project ke EXE.

Cara Ketiga :
Cara ketiga ini adalah cara yang dapat digunakan untuk dapat mengakses semua fasilitas yang disediakan oleh  FoxyPreviewer, tetapi tanpa harus menyertakan file -file Report (*.FRX) saat melakukan distribusi aplikasi atau dengan kata lain cara ini adalah cara yang digunakan untuk menutupi kelemahan yang ada di cara yang kedua. Source code yang digunakan untuk cara ketiga ini adalah sebagai berikut :

SET PROCEDURE TO FoxyPreviewerCaller.prg ADDITIVE 

LOCAL loReport as "FoxyPreviewerCaller" OF ;
 "FoxyPreviewerCaller.Prg"
loReport = CREATEOBJECT("FoxyPreviewerCaller")

WITH loReport as ReportHelper
.AddReport(NamaReport)
.RunReport()
ENDWITH

Source code yang digunakan untuk mengakses FoxyPreviewer dengan cara ini lebih panjang daripada kedua cara sebelumnya, tetapi dengan cara ini teman - teman bisa mengakses semua fasilitas yang disediakan oleh FoxyPreviewer tanpa harus menyertakan semua file Report (*.FRX) saat mendistribusikan aplikasi. 

Dengan menggunakan cara ketiga ini bila teman - teman ingin menjalankan atau mem-Preview Report di  project (Saat Design / Run Form / Program) dan saat mendistribusikan aplikasi yang memanfaatkan FoxyPreviewer, perhatikan hal - hal berikut :
  1. Jangan tambahkan FoxyPreviewer.APP (File ada di dalam project FoxyPreviewer v2.13 yang telah teman - teman download) ke dalam Project. Bila tetap ditambahkan harus bersifat "Exclude"
  2. Tambahkan file foxypreviewercaller.prg (File ada di dalam project FoxyPreviewer v2.13 yang telah teman - teman download di dalam folder "Source") ke dalam project dan kemudian arahkan procedure ke file tersebut dengan syntak SET PROCEDURE TO FoxyPreviewerCaller.prg ADDITIVE di Main Program atau di procedure load atau init dari Form Utama.
CATATAN :
Berikut ini adalah hal - hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan FoxyPreviewer dan beberapa solusi yang dapat dilakukan bila terjadi beberapa permasalahan.

  1. Untuk menggunakan FoxyPreviewer ini, teman - teman sebaiknya menggunakan Visual FoxPro 9 SP2 dengan Hotfix terakhir. Bila saat melakukan preview dengan FoxyPreviewer, toolbar dari Foxypreviewer bisa terlihat tetapi tidak dapat diakses, berarti teman - teman belum menginstal Hotfix terakhir. Jadi silahkan instal dulu hotfix tersebut. Bila belum punya file hotfixnya silahkan ambil disini.
  2. Bila dalam suatu kondisi tertentu teman - teman ingin men-disable FoxyPreviewer dan ingin menggunakan preview default dari Visual Foxpro maka bisa gunakan syntak DO FOXYPREVIEWER.APP WITH "Release", bila ingin mengaktifkan kembali tinggal pakai syntax DO FOXYPREVIEWER.APP.
  3. Bila saat mengakses FoxyPeviewer ada pesan error  "Could not load the FOXYPREVIEWER report factory" silahkan update file ReportOutput.APP dengan menginstal file yang bisa diambil disini.
  4. Bila saat melakukan Build project menjadi Exe ada error "Unable to find Unknown XFCGDIPSETTEXTRENDERINGHINT" Pilih Ignore saja.
  5. Bila tidak ingin menggunakan file FoxyPreviewer.APP atau ingin agar FoxyPreviewer dapat digunakan tanpa tergantung  dengan FoxyPreviewer.APP, maka masukkan ke dalam project semua file ini : pr_ExcelListener.vcx, pr_PDFx.vcx, pr_RtfListener.vcx, GdiPlus.vcx, _ReportListener.vcx, _FRXCursor.vcx, FoxyPreviewer.prg, FoxPro_Reporting.H, FoxyPreviewer.H, FrxPreview.H, GdiPlus.H, GdiPlus_locs.H, HPDF_consts.H, ReportListeners.H, ReportListeners_Locs.H, WinCrypt.H, _FrxCursor.H, _Reports.H, LibHPDF.dll, FoxyPreviewer_Locs.dbf, FoxyPreviewer_DefaultSettings.dbf, PR_Settings.scx, PR_SendMail.scx, PR_SendMail2.scx, PR_Search.scx, pr_IMAGES.bmp, pr_Bottom.bmp, pr_Close.bmp, pr_Close2.bmp, pr_Excel.bmp, pr_GoToPage.bmp, pr_Html.bmp, pr_Img.bmp, pr_Locate.bmp, pr_Mail.bmp, pr_Next.bmp, pr_Pdf.bmp, pr_Previous.bmp, pr_Print.bmp, pr_PrintPref.bmp, pr_Save.bmp, pr_Top.bmp, pr_Word.bmp, WWrite.ico. Semua file tersebut ada di dalam project FoxyPreviewer v2.13 yang telah teman - teman download di dalam folder "Source"


SEMOGA BERMANFAAT...!!

25 Response to "Menampilkan Report dengan Fasilitas Lengkap Menggunakan FoxyPreviewer"

Anonim mengatakan...

Thanks ya tutorialnya. Detail banget.

Anonim mengatakan...

mas klo menggunakan filter bisa ga? :)

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@anonim(1) : sama - sama, thank atensinya..:)
@anonim(2) : bisa gan...untuk cara satu misal ingin memfilter dengan nama field jns_kelamin = pria
REPORT FORM NamaReport for jns_kelamin="pria" PREVIEW
cara 2
.AddReport(NamaReport,"for jns_kelamin='pria'")
cara 3 bisa di filter pakai cursor aja.

Anonim mengatakan...

Keren bgt gan terima kasih dah berbagi.. smoga dapet barokah.. amin... thx salam sesama foxer

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

Amiin, makasih atensinya gan...salam foxer juga...:)

Anonim mengatakan...

"Untuk menggunakan FoxyPreviewer ini, teman - teman sebaiknya menggunakan Visual FoxPro 9 SP2 dengan Hotfix terakhir. Bila saat melakukan preview dengan FoxyPreviewer, toolbar dari Foxypreviewer bisa terlihat tetapi tidak dapat diakses, berarti teman - teman belum menginstal Hotfix terakhir. Jadi silahkan instal dulu hotfix tersebut. Bila belum punya file hotfixnya silahkan ambil disini"
SY SUDAH LAKUKAN INSTRUKSI INI TAPI KENAPA TOOLBARNYA MASIH DISEBLED???

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

pasti ada yang salah bro di instalasi Visual Foxpro SP2nya atau di hotfixnya coba instal ulang aj coz gue sblumnya juga bermasalah dengan toolbar yang gk bisa diakses, tp setelah instal hotfix...akhirnya toolbar bisa diakses.

Mustofa mengatakan...

kenapa setelah dibuild keluarnya
Visual Class Library c:\cobaprg\source\pr_reportlistener.vcx has the following errors:
Unknown XFCGDIPSETTEXTRENDERINGHINT - Undefined
Unknown XFCGDIPSTRINGFORMATGETGENERICTYPOGRAPHIC - Undefined
Unknown XFCGDIPCLONESTRINGFORMAT - Undefined
Unknown XFCGDIPDELETESTRINGFORMAT - Undefined
Unknown XFCGDIPSETSTRINGFORMATFLAGS - Undefined
Unknown XFCGDIPCREATESTRINGFORMAT - Undefined
Unknown XFCGDIPSETSTRINGFORMATALIGN - Undefined
Unknown XFCGDIPMEASURESTRING - Undefined
Unknown XFCGDIPDRAWSTRING - Undefined

Visual Class Library c:\cobaprg\source\_gdiplus.vcx has the following errors:
Unknown XFCGDIPSETTEXTRENDERINGHINT - Undefined
Unknown XFCGDIPSTRINGFORMATGETGENERICTYPOGRAPHIC - Undefined
Unknown XFCGDIPCLONESTRINGFORMAT - Undefined
Unknown XFCGDIPDELETESTRINGFORMAT - Undefined
Unknown XFCGDIPSETSTRINGFORMATFLAGS - Undefined
Unknown XFCGDIPCREATESTRINGFORMAT - Undefined
Unknown XFCGDIPSETSTRINGFORMATALIGN - Undefined
Unknown XFCGDIPMEASURESTRING - Undefined
Unknown XFCGDIPDRAWSTRING - Undefined
mohon pencerahannya..mas.. masih belajar..

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@mustofa : dalam menggunakan foxypreviwer menggunakan cara keberapa mas??? apa file gdiplus.h, reportlistener.h dan file berekstensi h yang lain sudah disertakan ke project sebelum melakukan build??

Mustofa mengatakan...

semua file sudah tak copy semua...kalau perform dijalankan sendiri tidak masalah... cuma kalau di build keluarnya seperti pesan diatas....dan exe terbentuk tetapi tidak dapat dibuka...
mohon pencerahannya mas

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

kondisi apa yang sbenarnya terjadi di tempat mas mustofa sehingga terjadi eror seperti itu, saya belum bisa mengira2 seperti apa pastinya, tp mungkin saran aja...utk memastikan sebenarnya kondisi erornya pada saat apa, mungkin bisa coba langkah ini :

1. Buat sebuah project sederhana saja.
2. Gunakan Foxypreviewer yang cara pertama (karena ini yang paling simple) diikuti juga petunjuk untuk pendistribusiannya.
3. Kalau cara pertama ini tetap eror setelah mengikuti semua pentunjuk yang ada maka ada yg gk beres di Aplikasi Visual Foxpro mas mustofa atau kesalahan pada saat membuat file EXEnya.
4. Bila cara satu beres, baru silahkan coba cara 2 dan selanjutnya yan lebih expert.

Semoga berhasil..!!

Mustofa mengatakan...

salam... mau tanya lagi mas...kenapa file setelah di compile exe terbentuk namun tidak bisa ada layar sama sekali..pada tak lihat di task manager..file itu posisi running..namun juka foxypreviewer tak disable..layar jalan normal. kemudian jika layar utama menggunakan mode SHOW WINDOW di PROPERTIES dengan mode 2 - AS TOP -LEVEL FORM toolbar di foxypreviewer ter disable sedangkan jika menggunakan mode 1 - IN TOP - LEVEL FORM.. dapat berjalan normal...mohon pencerahan

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@mustofa

sebelumnya ingin tau dulu mas...cara foxypreviewer yg keberapa yg di pake???...mungkin biar lebih jelas...kirim sample sederhana aplikasi yg error tersebut ke email saya yg bisa dilihat di page Welcome, biar nanti saya bantu ngecek.

cielclair mengatakan...

mas..FoxyPreviewer
yg d gunain tu .prg
atau .app
ada penjelasan sebelum ke syntaxnya gak..
terima kasih sebelumnya

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@cielclair : tergantung cara yang dipake mas....klo pake cara 1atau 2 pada posting diatas, maka hanya FoxyPreviewer.APP yang diperlukan...selanjutnya tinggal mengikuti langkah dan syntak yang telah dijelaskan. Tetapi bila pakai cara ketigan maka yang dibutuhkan foxypreviewercaller.prg dan FoxyPreviewer.APP. Mungkin bisa coba baca secara perlahan keterangan pada posting diatas. Semoga berhasil.. :)

cielclair mengatakan...

makasih mas inpo nya,,
itu yg .prg & APP harus d add d Project Manager-Code jg kn mas,
soalnya SET PROCEDURE TO FoxyPreviewerCaller.prg...
ne aq mau pake cara ke 3 mas,
tp masih error,,
ntar tk coba step by step cara d atas,,,
makasih mas.. keren thread nya
smoga sukses slalu
:-)

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@cinclair

Yang dimasukkan ke project manager hanya FoxyPreviewerCaller.prg mas, yang APP gk usah dimasukkan, cukup ditaruh dalam satu folder ama file projectnya.

Semoga berhasil mas... :)

cielclair mengatakan...

makasih mas :)

mas tri mengatakan...

maaf mas,
aku pke cara 3, tp dgn cara semua file di SOURCE aku copy ke folder Projekku, tapi ketika pas proses cetaknya, malah HANG, cuma muncul tulisan "initialitation ... dst" gitu. Padahal datanya ada...
gmn y mas?

JS mengatakan...

makasih banget pak andy
aku pakai cara pertama dan aku taruh di main prog
sebelum aku tau cara ini aku dikomplain sama bosku karena preview report kok di zoom jadi pecah, kalo gitu apa gunanya ada preview
setelah tau cara ini jadi OK'S BANGGEEETTTTSS pak andy....
oya link foxypreviewer diatas sudah ganti, mending kasih link halaman utama web aja pak andy
Pak Andy masih ngajar di UMK ???

Unknown mengatakan...

kalo caranya menyimpan Report dengan format TXT, gimana ya????

wahyu budi mengatakan...

mau tanya, file report saya formatnya landscape, tapi kalo dijalankan dengan foxypreviewer kok jadi potrait ya??? settingnya bagaimana agar tetap tampil landscape, karena kalo tampil potrait menjadi kecil reportnya

M.Thaufiq Bayu Aji mengatakan...

Pak saya mau tanya ttg HOTFIX, itu filenya sudah saya kopikan semua ke tempat Foxpro di instal kok ada peringatan tentang versi yang sebelumnya

Zukhruful Riskia mengatakan...

mau tanya nih pak, kalo pengen nyimpen report ke bentuk pdf,tnpa pake' aplikasi di atas gmn caranya yah??

watercat mengatakan...

Mau tanya kalau cetak ke excel garisnya pada hilang, itu solusinya giamna yach?

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...