Belajar Membuat Aplikasi dengan Database MS SQL Server 2000

Bila di postingan Newbie sebelum ini kita telah Belajar Membuat Aplikasi dengan Database MySQL, Sekarang kita akan coba untuk membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan database server yang lain, yaitu MS SQL Server 2000. Panduan atau modul yang bisa teman - teman pelajari kali ini akan membahas bagaimana untuk melakukan operasi database dan table pada MS SQL Server 2000.

Di modul atau panduan kali ini kita akan menggunakan cara koneksi automatic, untuk melengkapi cara manual yang sudah dipelajari di tutorial Remote View Database External dan cara semi automatic di tutorial Belajar Membuat Aplikasi dengan Database MySQL. Dengan menggunakan cara automatic ini kita tidak perlu membangun koneksi secara manual atau dengan membuat DSN terlebih dahulu, melainkan kita bisa menggunakan syntak SQLStringConnect untuk membangun koneksi secara otomatis. Untuk lebih jelasnya silahkan teman - teman download panduan atau modulnya di link di bawah ini :


Sebelum mempelajari modul atau panduan di atas pastikan teman - teman sudah mempunyai MS SQL Server 2000 yang terinstal di Sistem Operasi dan sudah berjalan dengan benar. Cara automatic ini tidak hanya bisa digunakan untuk terhubung dengan database MS SQL Server 2000, tetapi juga bisa digunakan untuk database eksternal yang lain seperti MySQL Server, PostgreSQL, Ms Access dan database - database eksternal yang lain.


SEMOGA BERMANFAAT...!!

16 Response to "Belajar Membuat Aplikasi dengan Database MS SQL Server 2000"

My Blog mengatakan...

Master, sy lagi belajar foxpro. Sy ada download "Modul - Belajar Membuat Aplikasi dengan MS SQL Server 2000". waktu di ekstrak koq minta password. Mohon di bantu passwordnya. terima kasih...

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@my blog : gk perlu di ekstrak pak...coz yg saya upload langsung file PDFnya bukan berupa zip atau rar. Jadi setelah download langsung dibuka aja pake acrobat reader, atau foxit atau software pembaca pdf yg lain, dan pdfnya juga gk saya kasih password.

PROGRAMER mengatakan...

bagaimana menghubungkan windows xp ke windows xp dengan database
ms sql 2000 ?????

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

mudahnya gini aja mas :
1. Instal MSSQL 2000 di salah satu pc yang berwindows XP (sebagai server database)
2. Pastikan antara pc satu dengan yang lain sudah terkoneksi dengan LAN
3. Saat buat koneksi ke server di koneksi bagian server di kasih alamat ip atau nama komputer dari pc server
4. Dengan cara itu asal terkoneksi dengan lan semua pc yang tidak terintal MSSQL bisa berhubungan atau terkoneksi dengan pc yang sudah terinstal MSSQL server.

PROGRAMER mengatakan...

Epo:salam kenal mas,begini saya buat database di ms sql 2000 dengan sistem operasi windows xp dengan prgram visual foxpro,di client saya sudah copy programnya dengan sistem operasi windows xp juga nah saya jalankan programnya di client muncul pesan error mas...!!! padahal sudah terkoneksi jaringanya,bisa kasih saran mas ???? atau kasih link tutorialnya monggo mas karna baru belajar client server ini

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

mungkin untuk lebih memastikannya coba buat dns secara manual dari client kemudian di koneksikan ke MS SQL di server, bisa terkoneksi apa tidak???...kalau bisa konek berarti kemungkinan yg salah di codingnya, tetapi kalau tidak bisa konek mungkin setting Remote Accesnya belum diaktifkan

kalau dalam MS SQL Server 2005 bisa diatur di Start >> Programs >> Microsoft SQL Server 2005 >> Configuration Tools >> SQL Server 2005 Surface Area Configuration >> Surface Area Configuration for Services and connections dan pilih "Local and remote connections".

Untuk yang 2000 lupa tempatnya mas, dan maaf blm bisa nyoba nyarikan lokasi settingnya yang di MS SQL 2000 coz yg terinstal di PC, MS SQL 2005. tetapi secara prinsip sama tinggal coba diutak - atik dan dicari lokasinya.

Semoga berhasil..:)

PROGRAMER mengatakan...

oh iya makassih mas atas saranya nanti saya coba utak atik ms sql 2000,mana gampang mas ms sql 2000 sama ms sql 2005 ????
Ada lagi mas mau saya tanya tentang program Barcode Bagaimana listingnya di procedure interactivechange ????

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@mas epo : sebenarnya prinsipnya sama aja mas, hanya masalah kebiasaan, seperti saat pindah dari MS Word 2003 ke 2007, awalnya agak sulit tp setelah familiar dengan yg baru juga sama aja.

Masalah listing di interactivechange itu listing searching biasa, prinsipnya searching berdasarkan kode atau nama yang diketikkan di textbox,dan setelah ketemu data lainnya seperti harga barang, diskon, stok dan lain sebagainya ditampilkan. Masalah source codenya gk pasti tergantung kondisi sistem yang diinginkan dan kreatifitas masing2 programmer.

slametsupriadi mengatakan...

HELLO PLEND
q pndatang baru, bisa mnta tolong dibuatkan syntak menampilkan inputan gambar pada table ke report, biar tampil sebagai gambar dan bukan carakcter.... terimakasih

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@slametsupriadi

Langsung ke posting Cara Menyimpan Gambar di Table aja bro...sudah di bahas disitu sekalian sample sederhana buat nampilin di report..

Bila ingin database MS SQL Server yang digunakan bisa pakai cara 1 atau 2 pada posting tersebut.

C4haya Ilahi mengatakan...

Salam Kenal Mas. Kenalkan nama saya Nurul. Saya mau nanya knapa aplikasi yang saya install di client ga mau tampil pada hal sudah terhubung dengan LAN,trus listing server apa sama dng listing client. ni lisitng yg sapa pake mas. untuk server maupun client
conn.Open "Provider=SQLOLEDB.1;Integrated Security=SSPI;Persist Security Info=False;User ID=my_life;Initial Catalog=sekolah"
Mohon bantuannya Mas. Terima Kasih

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@mbak nurul:
hmmm..masih terlalu sedikt non infonya, saya blm bisa nebak apa masalah pastinya, apakah yg yg non buat, kondisinya MSSQL server hanya terinstal di server dan di client mau tampilkan data yang ada di sana???....mungkin cek juga masalah seting "Local and remote connections" apa dah aktif apa belum...seperti yg udah di bahas di comment diatas...semoga berhasil ya non...:)

C4haya Ilahi mengatakan...

Mksud saya gima caranya komp. client bisa mengakses database yg ada di server. oh iya maksud dari "Local and remote connections" apa sih, soalnya ngak terlalu ngerti mas. maaf ya pengetahuannku krang banget..

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@mungkin pertama kali, bila sudah membaca modul yang ada di posting ini, bagian String Koneksi SQL Pass Through pastikan di bagian SERVER isi dengan nama komputer dari komputer server atau IP dari server. Cek dulu apakah bisa terkonek apa tidak, dan jika tidak bisa terkonek baru mulai cari setingan mengenai "Local and remote connections" di Aplikasi SQL SERVER yang terinstal di komputer server.

Bila non menggunakan SQL Server 2005 maka pengaturanya ada di Start >> Programs >> Microsoft SQL Server 2005 >> Configuration Tools >> SQL Server 2005 Surface Area Configuration >> Surface Area Configuration for Services and connections dan pilih "Local and remote connections", tapi bila yang dipake SQL Server 2000 maka bisa coba dicari - cari setingan yg serupa coz saya udah lupa letak setingan yang di SQL 2000 coz skrg dah pake yang 2005 jd tidak bisa bantu carikan.

budi grup mengatakan...

Mas mau tanya kalo saya punya form yg di dalam nya ada list dari sebuah table dan sebuah text komponen,even nya yg kalo saya ketikan caracter setiap diketikan list akan berubah isinya ,,bagai mana cara membuat nya ya mas,,mohon ilmunya dong,,terimaksih bgddd sebelum nya...

Attack Of The Tweety mengatakan...

Mas, saya mau tanya... Knp harus membuat database di MySQL, bukannya kita bs membuat database di VFP? apakah ada keuntungan yg lebih kalo kita gunakan Database dr luar VFP? tolong balasannya ya,mas.

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...