Cara Menambahkan Kontrol di GRID

Kontrol GRID biasanya digunakan untuk menampilkan data yang ada table. Secara default GRID akan berisikan kontrol textbox, dan dari kontrol textbox inilah data yang ada di dalam table ditampilkan. Di Visual Foxpro kontrol GRID secara default juga berlaku seperti itu. Akan tetapi kontrol GRID di Visual Foxpro mempunyai keistimewaan, dan bisa dianggap sebagai kontrol GRID yang paling dinamis bila dibandingkan dengan kontrol GRID yang tersedia di bahasa pemrograman yang lain. Hal ini dikarenakan, dengan kontrol GRID di Visual Foxpro kita bisa dengan mudah mengganti kontrol bawaan yang ada di GRID yaitu textbox dengan kontrol - kontrol yang lain, contohnya adalah kontrol GRID seperti yang ada di bawah ini dimana selain ada yang berisikan textbox di column yang lain ada yang berisi kontrol combobox, checkbox dan oleboundcontrol.

Bagi teman - teman foxpromania yang baru belajar, dan belum begitu mengenal tentang kontrol GRID, berikut ini adalah langlah - langkah yang dapat digunakan untuk menambahkan sebuah kontrol di GRID. Di contoh berikut kita asumsikan bahwa teman - teman sudah mempunyai sebuah GRID di dalam form dan ingin menambahkan kontrol combobox ke dalam column ke dua dari GRID tersebut. Berikut ini caranya :

  1. Di jendela Properties klik combo pilihan kontrol dan pilih Column2 seperti gambar di bawah ini.
  2. Setelah Column2 aktif, selanjutnya di Form Controls klik kontrol combobox kemudian klik satu kali di area Column2 di GRID seperti gambar di bawah ini.
  3. Setelah melakukan cara diatas kontrol combobox sekarang sudah berada di Column2, untuk memastikannya silahkan klik combo pilihan kontrol dan cek di bawah Column2 sudah ada kontrol combobox apa belum, seperti gambar di bawah ini.
  4. Meskipun sebenarnya sekarang kontrol combobox sudah berada di dalam Column2, tetapi statusnya belum aktif karena defaultnya Column2 masih menggunakan kontrol textbox. Jadi sekarang kita coba ubah kontrol default dari Column2 menjadi combobox dengan cara di Property CurrentControl milik Column2 pilih Combo1 seperti gambar di bawah ini. Sehingga sekarang jika di lihat di grid maka di Column2 shortcut iconnya sudah berganti dengan combobox.
  5. Setelah sampai di tahap ini, kontrol combobox tadi sudah benar - benar menggantikan kontrol textbox, tetapi saat form dijalankan masih akan terlihat bahwa di Column2 masih berisi kontrol textbox dan hanya bila teman - teman klik ke Column2 baru akan terlihat kontrol combobox yang telah kita tambahkan tadi. Biar kontrol combobox terlihat selalu aktif di Column2 meski tanpa melakukan klik kita harus merubah Property Sparse dari Column2 menjadi .F. (Selalu lakukan ini jika ingin menggunakan kontrol selain textbox di Column yang ada di GRID).
  6. Selanjutnya teman - teman bisa coba tambahkan kontrol - kontrol yang lain ke dalam GRID, silahkan bereksplorasi dan bila ada pertanyaan silahkan kasih comment saja di posting ini.

SELAMAT MENCOBA..!!

4 Response to "Cara Menambahkan Kontrol di GRID"

foxme26 mengatakan...

Bagaimana memasukkan grid control ke dalam grid yang sumber datanya dari tabel sql server?

foxme26 mengatakan...

gimana caranya bisa nambah foto ke grid ya mas?

Zakki mengatakan...

thank you buat pembuat blog ni.... aq jd terbantu. dan buat yang kirim smua idex smoga amal ibadah diterima disisi saya... hehehehe :D
lanjutkan!

Cak Madkholiq mengatakan...

Lebih baik dan pass lagi kalau ada sampulnya...master...hehehe

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...