Cara Otomatis Mengambil Kurs Mata Uang Secara Online

Gambar di samping adalah cuplikan bagian dari situs Departemen Keuangan (http://www.depkeu.go.id) di bagian tersebut Departemen Keuangan menampilkan informasi mengenai Kurs mata uang rupiah yang dibandingkan dengan Kurs mata uang asing seperti USD, Euro, Yen dan sebagainya secara update. Nilai Kurs ini bisa kita gunakan sebagai pedoman, khususnya bila ingin membangun aplikasi yang membutuhkan nilai kurs mata uang asing secara update, misalnya aplikasi penjualan, dimana harga barang yang dijual akan sangat tergantung pada kurs mata uang asing saat ini. 

Secara manual kita bisa membuka website Departemen Keuangan tersebut dan melakukan update nilai kurs mata uang tersebut ke dalam aplikasi kita secara manual. Tetapi bila teman - teman ingin melakukan hal itu secara otomatis, dan langsung memasukkan modulnya ke aplikasi yang teman - teman buat, Maka teman - teman bisa menggunakan source code di bawah ini :

oHTML = CreateObject("MSXML2.XMLhttp")
oHTML.open("GET", "http://www.depkeu.go.id/Ind/", .F.)
ohtml.send()
P3=oHTML.ResponseText
p2="</td>"
p1='1px">'
cAUD=SUBSTR(P3,AT(P1,P3,5)+5,AT(P2,P3,35)-AT(P1,P3,5)-5)
cEUR=SUBSTR(P3,AT(P1,P3,8)+5,AT(P2,P3,38)-AT(P1,P3,8)-5)
cGBP=SUBSTR(P3,AT(P1,P3,11)+5,AT(P2,P3,41)-AT(P1,P3,11)-5)
cJPY=SUBSTR(P3,AT(P1,P3,14)+5,AT(P2,P3,44)-AT(P1,P3,14)-5)
cSGD=SUBSTR(P3,AT(P1,P3,17)+5,AT(P2,P3,47)-AT(P1,P3,17)-5)
cUSD=SUBSTR(P3,AT(P1,P3,20)+5,AT(P2,P3,50)-AT(P1,P3,20)-5)

Variable cAUD, cEUR, cGBP, cJPY, cSGD, cUSD sudah terisi dengan nilai kurs yang diinginkan, yang perlu diingat semua variable tersebut masih berupa data string, kalau ingin digunakan untuk konversi mata uang, silahkan di konversi ke numeric. Dan khusus untuk mata uang Yen (JPY) nilai kurs tersebut adalah per 100 Yen. Serta yang terakhir pastikan teman - teman sedang terhubung ke internet saat menjalankan source code di atas.



SELAMAT MENCOBA...!!

5 Response to "Cara Otomatis Mengambil Kurs Mata Uang Secara Online"

indo mengatakan...

mas, tampilin ke form nya gmn ya? baru belajar neh,, kurang mudeng saya

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

mungkin bisa coba langkah ini aja :

1. Misal dah buat 1 form, kemudian tambahkan 1 CommandButton dan 1 Label.

2. Kemudian di procedure Click milik CommandButton copykan semua syntak diatas. Dan misal ingin menampilkan kurs USD maka di procedure Click milik CommandButton (yg sudah diisikan syntak diatas) di baris terakhir tambahkan syntak di bawah ini (dengan asumsi label yang ditambahkan td bernama label1)
thisform.label1.caption=cUSD

wismbuh mengatakan...

kalo menampilkan kurs emas, gimana ya?

Ngadiyo mengatakan...

Tengkiyu Bos...
Saya coba sukses...
Top Markotob

Dio

Hanif Pujianto mengatakan...

Kalo pake dropdown bisa juga kan mas?

Posting Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...