Cara Ubah Attribut File Melalui Source Code

Setiap file pasti mempunyai attribut. Pada sistem operasi windows attribut yang bisa berada di dalam file adalah R (Read Only), H (Hidden), S (System), A (Archieve). Secara default saat kita membuat file attribut yang dimilikinya adalah A (Archieve). Tetapi selanjutnya kita bisa melakukan penambahan dan pengurangan attribut kepada file tersebut. 

Penambahan attribut pada file akan mempengaruhi perilaku dari file tersebut, misalnya jika kita menambahkan attribut R (Read Only) kepada sebuah file, maka setelah itu file tesebut pasti tidak akan bisa dirubah isinya sebelum kita menghilangkan attribut R tersebut dari dirinya. Sedangkan jika kita tambahkan attribut H (Hidden) maka kita file tersebut tidak akan nampak di windows eksplorer, kecuali jika kita mengaktifkan setting Show Hidden Files - di Folder Option. Demikian juga dengan Attribut S (System), file dengan attribut ini akan dianggap sebagai file system yang penting bagi sistem operasi dan harus disembunyikan dari user. Bahkan dengan mengaktifkan setting Show Hidden Files - di Folder Option pun file dengan jenis S (System) ini tetap tidak akan nampak. OK teman - teman selanjutnya kita akan coba melakukan penambahan atau pengurangan attribut ini dengan menggunakan source code visual foxpro.

*Menambahkan Attribut R (Read Only)
cNmFile="c:\FoxproMania.doc"
EXECSCRIPT("! /n attrib " + cNmFile + " +R")

*Menambahkan Attribut H (Hidden)
cNmFile="c:\FoxproMania.doc"
EXECSCRIPT("! /n attrib " + cNmFile + " +H")

*Menambahkan Attribut S (System)
cNmFile="c:\FoxproMania.doc"
EXECSCRIPT("! /n attrib " + cNmFile + " +S")

*Menambahkan Attribut A, H dan S sekaligus
cNmFile="c:\FoxproMania.doc"
EXECSCRIPT("! /n attrib " + cNmFile + " +A +H +S")

*Menghilangkan Attribut R (Read Only)
cNmFile="c:\FoxproMania.doc"
EXECSCRIPT("! /n attrib " + cNmFile + " -R")

*Menghilangkan Attribut H (Hidden)
cNmFile="c:\FoxproMania.doc"
EXECSCRIPT("! /n attrib " + cNmFile + " -H")

*Menghilangkan Attribut S (System)
cNmFile="c:\FoxproMania.doc"
EXECSCRIPT("! /n attrib " + cNmFile + " -S")

*Menghilangkan Attribut A, H dan S sekaligus
cNmFile="c:\FoxproMania.doc"
EXECSCRIPT("! /n attrib " + cNmFile + " -S -H -A")

Silahkan tentukan nilai dari variable  cNmFile dengan file yang ingin teman - teman ubah attributnya. Sebagai catatan, pengubahan attribut file inilah yang biasanya digunakan sebagai celah buat para pembuat virus untuk mengelabui dan menjahili para korbannya.


SELAMAT MENCOBA..!!

No Response to "Cara Ubah Attribut File Melalui Source Code"

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...