Memanfaatkan Property AutoComplete di TextBox

Kontrol textbox dalam Visual FoxPro 9 memiliki sebuah properti baru yang bernama Autocomplete. Property tersebut dapat digunakan untuk mengaktifkan fasilitas untuk dapat membantu melakukan input data dengan cepat. Bila teman – teman mengaktifkan fasilitas ini maka nilai, kata atau kalimat yang pernah teman – teman ketikkan di textbox akan otomatis tampil di dalam list, saat teman – teman ingin mengetikkannya lagi. textbox yang sudah mengaktifkan fasilitas AutoComplete ini akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

Cara mengatur AutoComplete di Textbox
Ada tiga property di textbox yang digunakan untuk mengatur fasilitas AutoComplete ini. Ketiga properties tersebut adalah :

  1. AutoComplete. Di dalam property AutoComplete ada 5 pilihan parameter berikut ini :
    0 - No autocomplete Ini adalah parameter default dari property AutoComplete yang menandakan bahwa fasilitas AutoComplete tidak diaktifkan.
    1 - An alphabetical list. Bila memilih parameter ini maka AutoComplete aktif dan list yang ditampilkan isinya akan diurutkan dari A-Z.
    2 - With the most frequently-used values first. Bila memilih parameter ini maka AutoComplete aktif dan list yang ditampilkan isinya akan diurutkan berdasarkan nilai, kata atau kalimat yang paling sering diketikkan di textbox.
    3 - With the most recently-used values first. Bila memilih parameter ini maka AutoComplete aktif dan list yang ditampilkan isinya akan diurutkan berdasarkan nilai, kata atau kalimat yang paling terakhir di ketikkan di textbox.
    4 - In a user-defined order. Bila memilih parameter ini maka AutoComplete aktif dan list yang ditampilkan serta pengurutan isinya bisa ditentukan oleh teman – teman sendiri.
  2. AutoCompTable. Ini adalah property yang digunakan untuk menentukan list yang ditampilkan aka n berasal dari table apa. Bila dibiarkan kosong maka Visual Foxpro akan secara otomatis menciptakan sebuah table yang bernama AutoComp.dbf. Di table AutoComp.dbf inilah semua data yang ditampiilkan di list itu berasal.  Bila teman – teman tidak ingin menggunakan table AutoComp.dbf yang diciptakan secara otomatis oleh Visual Foxpro dan ingin membuat sendiri table tersebut, maka teman – teman mengatur agar table tersebut mempunyai struktur field seperti di bawah ini :
  3. AutoCompSource. Ini adalah property yang digunakan untuk mengidentifikasi textbox mana yang akan digunakan sebagai sumber data dalam AutoComplete. Jika teman – teman membiarkannya kosong, maka secara otomatis dianggap nama dari textbox yang bersangkutanlah yang menjadi sumbernya. Dengan property ini nanti teman – teman bisa mengatur, misalkan ada dua texbox di form , kemudian ingin agar isi list data yang ditampilkan di kedua textbox tersebut sama, maka di kedua textbox tersebut, property AutoCompSource ini bisa diisikan dengan nama textbox yang sama (dipilih dari salah satu textbox tersebut).


SEMOGA BERMANFAAT...!!

1 Response to "Memanfaatkan Property AutoComplete di TextBox"

Rajawali eMusic mengatakan...

ga jalan euy..

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...