Mempercantik Tampilan Form dengan Skin Foxpro 2.0

Berikut adalah cara yang dapat teman - teman lakukan bila ingin mempercantik tampilan form dengan cara yang mudah. Untuk mempercantik tampilan form berikut ini kita akan coba menggunakan Skin Foxpro 2.0. Sebenarnya Skin Foxpro 2.0 ini adalah versi lama dari skin foxpro, tetapi skin foxpro versi 2.0 ini adalah versi gratis sehingga  teman - teman bisa gunakan dengan bebas. Versi terbaru dari skin foxpro adalah versi 3.0, tetapi skin foxpro yang versi 3.0 ini hanya bisa di coba dalam versi trial / demo dan bila ingin menggunakannya versi lengkapnya teman - teman harus mengeluarkan sedikit biaya, demikian juga dengan versi skin foxpro milik Foxface yang juga bersifat seperti skin foxpro 3.0. Sebelum kita coba skin foxpro 2.0 ini, silahkan download dulu filenya di link di bawah ini :

Skin Foxpro 2.0
Langkah - langkah yang dapat digunakan untuk memakai Skin Foxpro 2.0 ini adalah sebagai berikut :

  1. Ekstrak File Skin Foxpro 2.0 yang sudah teman - teman download.
  2. Di dalam Project Manager di tab Classes tambahkan file vfp-skin2.vcx yang bisa teman - teman temukan di dalam folder VfpSkin.
  3. Ketikan syntax Set Path To <Letak Folder vfpSkin> Additive, misal Set Path To C:\VfpSkin Additive di dalam main program atau di procedure load atau init milik form yang akan dikasih skin.
  4. Drag class vfpskin2 ke dalam form seperti gambar di bawah ini :
  5. Atur property rskin dari kontrol vfpskin2 yang telah di tambahkan di form dengan nilai .T.
  6. Atur property skinname dari kontrol vfpskin2 dengan pilihan nama skin berikut ini : Alien, br, commander, dez, dinamo, fakeXP, float, pistons, red, serenXP
  7. Jalankan form untuk melihat hasilnya.

SELAMAT MENCOBA...!!

14 Response to "Mempercantik Tampilan Form dengan Skin Foxpro 2.0"

nelly mengatakan...

mas, klo biar tidak bisa di resize gmn ya skin nya?

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

klo ingin agar tidak bisa di resize, di procedure resize milik form tentukan panjang dan lebar form misal ketikkan seperti ini di procedure resize tersebut :

this.Width=375
this.height=250

375 adalah lebar form dan 250 adalah tingginya dengan cara ini form akan tetap dengan ukuran seperti itu dan tidak bisa diresize saat di jalankan.

nelly mengatakan...

width dan height nya jd berubah tp masih bisa diresize mas?

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

saya yakin klo dengan cara tadi...pasti form skinnya tidak bisa resize atau diubah ukurannya dengan mendrag ke samping untuk melebarkan form atau ke bawah untuk memanjangkan form, tp efeknya saat di tekan tombol maximize ukuran form juga akan tetap sama...bila ingin tetap bisa di maximize...harus ada tambahan variable untuk mengecek apa dia diubah ukurannya dengan ditekan tombol maximize atau dengan cara lain.

Propolis - Natures Miracle Antibiotic mengatakan...

Wah artikelnya menarik euy untuk di pelajari... saya lagi mencoba untuk membuat aplikasi dengan foxpro. Apakah dengan software ini kita bisa membuat aplikasi berbasis web misalnya utk aplikasi kantoran...?? tks infonya.

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@propolis : klo buat aplikasi perkantoran pasti bisa mas, tp klo buat aplikasi web yang dimaksud seperti apa???...klo buat aplikasi untuk menampilkan web atau buat aplikasi yang bisa mengakses data yang di hosting di internet pasti bisa, tp klo bayangan mas...foxpro seperti ASP apa PHP jelas beda..karena Visual Foxpro adalah pemrograman berbasis desktop sedangkan klo pemrograman berbasis WEB ya seperti asp ama php.

The Power Of Love mengatakan...

mas andy mohon pencerahannya, saya sudah ikuti sesuai dengan tutor di atas, tapi kok malah muncul pesan error yaah "cant find config file or it is empty'... mohon bantuannya ya mas....

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@The Power Of Love
Coba tambahkan file foxtools.fll yang ada di folder skin ke dalam project melalui Project Manager - Tab Code - Bagian Api Libraries.

Cara selain itu...adalah cara comotan mas...dengan cara buka contoh form skin yang ada contoh kemudian copy aja kelas skin yang ada di form tersbut ke dalam form yang mas buat...kemudian tinggal ubah setingan skin sesuai keinginan.

Berbagi Lebih Baik mengatakan...

tidak bisa didownload kenapa nich...??? pengin sebenarnya... :'(

iskandaria mengatakan...

Masih gagal mas. Kasusnya sama kayak komen The Power Of Love di atas. Muncul pesan error "cant find config file or it is empty". Padahal saya sudah tambahkan file foxtools.fll yang ada di folder skin ke dalam project melalui Project Manager - Tab Code - Bagian Api Libraries.

Nah, kalau saran ini:
"Cara selain itu...adalah cara comotan mas...dengan cara buka contoh form skin yang ada contoh kemudian copy aja kelas skin yang ada di form tersbut ke dalam form yang mas buat...kemudian tinggal ubah setingan skin sesuai keinginan".

Jujur aja saya masih kurang ngerti dengan penjelasannya. Mohon dijelaskan lagi. Makasih sebelumnya.

yasin mengatakan...

udah coba sesuai petunjuk, tapi masih gagal. sama dengan mas @iskandaria....!,mohon penjelasan..!
Makasih..!

kusdinar mengatakan...

terima kasih banyak, saya sangat terbantu dengan penjelasan ini dan sekarang tampilan aplikasinya jadi lebih cantik.

jono tamba mengatakan...

kk admin saya sudah add ini "FoxTools.Fll" pada API libraries nya tetapi
(SET Library TO "FoxTools.Fll" ADDITIVE) not found knp yah
ato msih ada yang harus di set lagi?
mohon petunjuknya Thx....

Petrus Gunawan mengatakan...

mas kalau saya ingin merubah warna dasar form nya, bagaimana yah..
mohon petunjuknya...

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...