Menggunakan SplitterBar untuk Membuat Tampilan Lebih Elastis

SplitterBar merupakan komponen yang dapat diambil di foxpert.com dan dapat digunakan secara bebas. SplitterBar ini dapat digunakan untuk membuat tampilan dari komponen - komponen di dalam form lebih elastis. Jika digabungkan dengan penggunaan property Anchor yang dimiliki setiap komponen di Visual Foxpro 9, dapat menjadikan desain tampilan form teman - teman menjadi lebih sempurna.
Gambar di atas merupakan contoh penerapan dari SplitterBar, dimana di contohkan ada 3 komponen grid yang di masing - masing pembatasnya ditambahkan komponen SplitterBar, sehingga ukuran dan letak tampilan ke tiga grid itu bisa secara bebas diubah ukurannya secara elastis dengan tetap menjaga proporsional ukuran dan letak dari masing - masing grid tersebut. Cara penggunaan dari komponen SplitterBar ini adalah sebagai berikut :

  1. Tambahkan komponen splitterbar.vcx (file bisa di dapatkan di link download yang ada di bagian bawah posting ini) ke dalam project.
  2. Drag komponen SplitterBar tersebut ke dalam form seperti gambar di bawah ini.
  3. Cara kerja dari SplitterBar ini adalah untuk melakukan split diantara 2 komponen. Komponen tersebut bisa berupa grid, image, container atau komponen yang lain. Setelah meletakkan SplitterBar diantara 2 komponen, selanjutnya tinggal mengatur property oobject1 dan oobject2 milik SplitterBar. Beri nilai oobject1 dan oobject2 dengan nama dari komponen yang mau di-split misal thisform.grid1 atau thisform.container1.grid1 tergantung nama dan dimana teman - teman meletakkan komponen yang mau di split. Yang penting dan perlu diperhatikan, bila teman - teman ingin melakukan split secara horizontal maka pastikan oobject1 diisi dengan nama komponen yang berada di sebelah kiri dan oobject2 diisi dengan nama komponen yang berada di sebelah kanan. Sedangkan jika melakukan split secara vertikal, pastikan oobject1 diisi dengan nama komponen yang berada di posisi atas dan oobject2 diisi dengan komponen yang berada di posisi bawah. Kesalahan dalam hal ini akan menyebabkan SplitterBar akan error saat dijalankan.
Bila ingin mendowload contoh asli dari SplitterBar yang ada di foxpert.com silahkah download disini, dan jika ingin mencoba contoh penerapan SplitterBar seperti gambar diatas silahkan download disni.


SELAMAT MENCOBA...!!

No Response to "Menggunakan SplitterBar untuk Membuat Tampilan Lebih Elastis"

Posting Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...