Pengetahuan Dasar Procedure & Property Form di Visual Foxpro

Berikut ini adalah sebuah artikel bagi teman - teman yang baru belajar Visual Foxpro untuk lebih mengenal Form yang ada di Visual Foxpro. Dalam pemograman yang berbasiskan GUI (Graphical User Interface) Form merupakan bagian yang tak mungkin terlepaskan dari pembuatan aplikasi, karena Form merupakan tempat atau wadah yang dipergunakan untuk meletakkan kontrol - kontrol yang lain sehingga dipergunakan sebagai saranan untuk berinteraksi dengan user. Dalam artikel kali kita akan mencoba mengenal hal - hal yang berhubungan dengan form, mulai dari procedure, property dan syntak - syntak yang terkait dengan pengaksesan Form di Visual Foxpro.

Cara Membuat Form :
Pertama kita mulai dari yang paling sederhana yaitu dengan cara yang digunakan untuk membuat form di Visual Foxpro. Secara umum ada 3 pilihan cara yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut :
  1. Dari jendela utama Visual Foxpro, Pilih menu File - New - Form - New File
  2. Dari Command Window ketikkan Create Form <NamaForm>, Misal Create Form FormUtama
  3. Bila teman - teman ingin mencoba membuat form melalui source code bisa coba syntak dasarnya berikut ini dan jalankan di command window atau taruh di file prg.
  4. PUBLIC oForm
    oForm = CREATEOBJECT('formlatih')
    oForm.show()
    RETURN .t.
    DEFINE CLASS formlatih AS form
    ENDDEFINE 
Cara Menjalankan Form :
Untuk menjalankan form ada beberapa cara juga yang dapat dilakukan yaitu :
  1. Bila hanya ingin menjalankan / Run Form bisa tekan CTRL + E
  2. Bila ingin menjalankan form melalui syntak bisa dengan menggunakan syntak Do Form <NamaForm>, Misal Do Form FormUtama. Syntak ini nantinya bisa dijalankan melalui Command Window atau di taruh di dalam procedure di kontrol. Syntak Do Form ini bisa juga digunakan untuk melewatkan parameter ke form.
Procedure Penting di Form :
Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai procedure, teman - teman harus tau dulu apa yang dimaksud dengan procedure. Procedure cara mudahnya bisa diartikan sebagai suatu kejadian tertentu di dalam form. Misalnya saat teman - teman menjalankan form dan kemudian teman - teman merubah ukurannya atau membuat form tersebut menjadi Maximize atau Minimize, berarti saat melakukan hal itu teman - teman sedang menjalankan procedure Resize. Bila teman - teman memberikan syntak atau source code di procedure Resize tersebut maka saat teman - teman melakukan perubahan ukuran form, syntak yang ada di procedure Resize secara otomatis akan dijalankan. 

Pemahaman tentang procedure dan kejadian apa yang ditangani itu adalah sangat penting. Karena dengan pemhaman ini tidak akan muncul lagi pertanyaan mengenai "syntak ini ditaruh dimana ya???" yang biasanya terlontar oleh teman - teman yang baru belajar pemrograman visual. Berikut ini akan coba kita kenal procedure - procedure yang dimiliki oleh form, tetapi tentunya tidak semua procedure, procedure - procedure umum dan sering digunakan saja yang mungkin kita akan coba bahas, untuk procedure yang lain teman - teman bisa coba pelajari sendiri.

Procedure yang wajib dipahami pertama kali adalah procedure yang pasti dijalankan saat kita menjalankan sebuah form. Procedure tersebut adalah load, init, activate, deactivate, destroy dan unload. Berikut penjelasan dari masing - masing procedure tersebut :

Procedure yang dijalankan pertama kali saat kita menjalankan form adalah procedure load, procedure load ini adalah saat dimana aplikasi mengalokasikan memory yang dibutuhkan untuk menjalankan semua kontrol di form. Di procedure load ini kontrol - kontrol di form belum terbentuk, jadi kalau teman - teman ingin mengatur property suatu kontrol misal dengan syntak :

thisform.text1.value="FoxproMania"

maka dipastikan akan error karena kontrol text belum terbentuk dan hanya baru di load ke dalam memory, syntak yang bisa ditaruh atau diletakkan di procedure load ini adalah syntak - syntak yang tidak ada hubungannya dengan mengakses kontrol misalnya set default, set path, set delete dan lain - lain, serta syntak - syntak yang berhubungan dengan database misalnya use, sqlconnect, sqlstringconnect, create cursor dan lain - lain.

Setelah procedure load, procedure yang otomatis dijalankan adalah procedure init, di procedure init lah semua kontrol di bentuk, bila teman - teman ingin melakukan pengaturan atau setting property awal di kontrol melalui syntak silahkan di taruh di procedure init saja, syntak seperti :

thisform.text1.value="FoxproMania"

tidak akan error bila dijalankan di procedure init. Di procedure init juga tempat menerima parameter bila kita ingin menjalankan form dengan melewatkan parameter tertentu.

Setelah procedure init berikutnya adalah procedure activate, bila procedure load dan init pasti hanya dijalankan satu kali dalam kondisi default, tetapi kalau procedure activate ini bisa dijalankan lebih dari satu kali saat form dijalankan. Procedure activate ini terjadi bila form sedang mendapatkan focus.

Kebalikan dari ketiga procedure load, init dan activate adalah deactivate, destroy dan unload. Saat teman - teman menutup form maka procedure yang secara berurutan di jalankan adalah procedure activate, destroy dan unload. Beberapa procedure form yang lain diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Resize : Terjadi saat ukuran form berubah
  • Click : Terjadi saat user melakukan klik di form
  • DblClick : Terjadi saat user melakukan double klik di form
  • RightClick : Terjadi saat user melakukan klik kanan di form
  • GotFocus : Terjadi form mendapatkan focus
  • LostFocus : Terjadi form mendapatkan kehilangan focus
  • Moved : Terjadi saat posisi form berubah
  • Keypress : Terjadi saat user melakukan penekanan tombol keyboard saat aktif di form
Property Penting di Form
Property Form adalah atribut berisikan nilai yang digunakan untuk melakukan pengaturan di Form. Berikut ini adalah beberapa property penting form yang wajib untuk dipahami maksudnya :
  1. AlwaysOnBottom : Bila bernilai .T. maka form akan selalu berada di belakang form lain
  2. AlwaysOnTop : Bila bernilai .T. maka form akan selalu berada di depan form lain
  3. AutoCenter : Bila bernilai .T. saat form dijalankan posisinya akan berada di tengah layar
  4. BackColor : Untuk mengatur warna backgroud dari form
  5. BorderStyle : Untuk menentukan apakah form bisa diubah ukurannya saat dijalankan apa tidak, silahkan di coba - coba aja variasinya
  6. Caption : Untuk mengatur string yang akan ditampilkan di judul / caption form
  7. Closable : Bila bernilai .T. maka form bisa di tutup dengan melakukan klik di tombol close
  8. ControlBox : Bila bernilai .F. maka icon tombol Max, Min dan Close akan tidak ditampilkan
  9. Desktop : Bila bernilai .T. maka form akan mempunyai handle window dan bisa ditampilkan di luar form induk
  10. Height : Mengatur tinggi form
  11. Icon : Untuk menentukan icon yang akan ditampilkan di form, bila kosong maka icon Visual Foxpro lah yang akan ditampilkan
  12. Left : Mengatur posisi form dari kiri layar
  13. MaxButton : Bila bernilai .F. tombol Max akan tidak ditampilkan
  14. MinButton : Bila bernilai .F. tombol Min akan tidak ditampilkan
  15. MousePointer : Untuk memilih icon cursor saat cursor aktif di form
  16. MouseIcon : Untuk menentukan icon cursor sendiri yang diaktifkan dengan memilih pilihan Custom pada Property MousePointer
  17. Movable : Bila bernilai .F. maka form tidak akan bisa diubah posisinya saat dijalankan
  18. Picture : Untuk menampilkan gambar sebagai backgroud Form
  19. ShowTips : Bila bernilai .T., Tooltips di setiap kontrol yang ada di dalam form akan ditampilkan
  20. ShowWindow : Mengatur jenis form, bila bernilai 2 maka form bisa dianggap form induk dan bisa untuk menampilkan menu, Bila bernilai 1 maka form sebagai form anak yang akan ditampilkan di dalam form induk.
  21. Top : Untuk mengatur posisi form dari atas layar
  22. TitleBar : Bila bernilai .F. maka titlebar form tidak akan ditampilkan
  23. Visible : Bila bernilai .F. maka form tidak tampak saat dijalankan.
  24. Width : Untuk mengatur lebar form
  25. WindowState : Untuk mengatur form saat ditampikan, apakah dalam kondisi Normal, Maximize atau Minimize.
SEMOGA BERMANFAAT...!!

No Response to "Pengetahuan Dasar Procedure & Property Form di Visual Foxpro"

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...