Source Code untuk Mengetahui Kapasitas Terpakai & Ruang Tersisa sebuah Disk

Berikut ini adalah source code yang teman - teman bisa gunakan untuk mengetahui ukuran kapasitas dari sebuah disk, kapasitas yang sudah terpakai dan sisa ruang yang masih bisa digunakan,. Disk disini diidentifikasikan dengan Drive Letter (misal C, D, E dst..). Cara manual untuk melakukan hal ini adalah dengan melakukan klik kanan pada sebuah drive dan kemudian memilih properties.

Meski cara manual mudah dilakukan, tetapi ada kalanya kita butuh untuk melakukan hal ini secara otomatis dengan menggunakan sourcode, misalnya jika kita ingin melakukan backup data dengan ukuran besar secara otomatis, maka kita harus punya modul untuk dapat mengetahui sisa kapasitas dari drive / disk yang ada di lokal PC, sehingga nantinya bisa ditentukan data tersebut backupnya mau diletakkan di drive mana???...karena kalau kita ternyata meletakkan data tersebut di drive default instalasi (biasanya drive C) dan ternyata ruang yang tersisa di drive tersebut sudah penuh, dapat dipastikan proses backup data yang dilakukan aplikasi kita pasti akan error. OK langsung saja berikut ini source code yang dapat teman - teman gunakan untuk melakukan hal itu :

cDrive="D"
objWMIService = GetObject("winmgmts:" +;
 "{impersonationLevel=impersonate}!\\" +;
 GETENV("COMPUTERNAME") + "\root\cimv2")
colDisks = objWMIService.ExecQuery;
("Select * from Win32_LogicalDisk Where DriveType = 3")
iCek=0
For Each objDisk in colDisks
 IF objDisk.DeviceID=UPPER(cDrive)+":"
  IFreeSpace = objDisk.FreeSpace
  ITotalSpace = objDisk.Size
  ITotalUsage = objDisk.Size - objDisk.FreeSpace
  iCek=1
 ENDIF
ENDFOR
IF iCek=0
 MESSAGEBOX("Drive yang anda masukkan tidak ada")
 IFreeSpace = 0
 ITotalSpace = 0
 ITotalUsage = 0
ENDIF

Teman - teman tinggal menentukan kapasitas di drive manakah yang ingin diketahui dengan menentukannya di variable cDrive. Bila drive yang teman - teman masukkan ada di dalam lokal hardisk maka variable IFreeSpace  akan berisi dengan nilai ruang yang tersisa di drive, variable ITotalSpace  akan berisi kapasitas total dari drive dan variable ITotalUsage  akan berisi total kapasitas yang terpakai di drive. Tetapi bila drive yang teman - teman masukkan tidak terdaftar di harddisk maka ketiga variable tersebut bernilai 0. Sebagai catatan nilai dari ketiga variable tersebut dalam satuan byte. Bila ingin merubah ke dalam Kilobyte, Megabyte atau Gigabyte silahkan kembangkan kreasi teman - teman untuk mengkonversikannya dengan pedoman :

  • 1 Kilobyte = 1024 byte
  • 1 Megabyte = 1048576 byte
  • 1 Gigabyte = 1073741824 byte


SELAMAT MENCOBA...!!

2 Response to "Source Code untuk Mengetahui Kapasitas Terpakai & Ruang Tersisa sebuah Disk"

Yogha mengatakan...

mas kalo ingin mengetahui Suhu/temperatur dari processor dan hardisk gimana y koding nya .. mohon bantuannya mas

e-mail saya :

aa.yogha@gmail.com

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

Udah di jawab di Source Code untuk Mengetahui Persentase CPU yang terpakai gan..silahkan di coba aja.. :)

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...