Membuat Aplikasi Hanya Bisa Berjalan Sekali (One Instance Application)

Mungkin sebelumnya teman - teman perlu tau dulu apa yang dimaksud "Aplikasi Hanya Bisa Berjalan Sekali (One Instance Application)". Maksud hal itu adalah membuat agar user hanya bisa menjalankan sebuah aplikasi sekali saja. Secara default aplikasi yang telah teman - teman hasilkan dengan melakukan build project bukan merupakan One Instance Application, hmmm.....maksudnya seperti ini, mungkin bisa di coba, setelah teman - teman melakukan build project dan menghasilkan sebuah file EXE, silahkan klik atau jalankan file EXE tersebut. Hasilnya pasti akan tampil form utama dari aplikasi yang teman - teman buat. Biarkan dulu form utama tersebut terbuka dan kemudian jalankan lagi EXE tersebut, apa yang terjadi???, ternyata akan tampil 2 form utama atau dua aplikasi yang sama. Hal itulah yang dimaksud aplikasi yang teman - teman buat bukan merupakan One Instance Application karena teman - teman bisa menjalankan EXE atau aplikasi lebih dari satu kali sehingga menjalankan banyak Instance dengan aplikasi yang sama.

Salah satu contoh One Intance Application adalah aplikasi Yahoo Messenger, karena berapa kalipun teman - teman menjalankan aplikasi tersebut maka form Yahoo Messenger yang tampil pasti hanya satu buah, kecuali bila teman - teman melakukan sedikit otak - atik di registry baru form Yahoo Messeger bisa ditampilkan lebih dari satu kali.

Dalam kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat agar aplikasi yang kita buat bisa menjadi One Instance Application seperti Yahoo Messenger. Caranya sangat mudah karena sudah ada kontrol vcx yang dapat digunakan untuk membuat hal ini. Sebelum mencobanya silahkan download dulu file vcxnya di link di bawah ini :


Setelah mendownload dan mengekstrak One Instance VCX di atas, ikuti langkah - langkah berikut untuk menggunakannya.

  1. Tambahkan One Instance VCX  ke dalam Fom Utama (Main Form) dari project aplikasi yang teman - teman buat, dengan cara, di dalam Form Controls - klik View Classes - pilih Add seperti gambar di bawah ini. Kemudian pada jendela Open arahkan ke One Instance VCX, yang telah teman - teman download tadi.
  2. Setelah One Instance VCX tampil di dalam Form Controls, kemudian tambahkan ke dalam form. Seperti gambar di bawah ini. 
  3. Setelah itu teman - teman tinggal mengatur property OneInstance dari kontrol One_Instance tersebut dengan nilai .T.
  4. Untuk melihat hasilnya, teman - teman harus membuild project aplikasi dari Form Utama (Main Form) tersebut dan kemudian coba klik atau jalankan EXE hasil build. Jika setelah dijalankan berkali - kali hanya tetap satu aplikasi atau satu form utama aja yang jalan, maka Aplikasi yang teman -teman buat sudah menjadi One Instance Application.


SELAMAT MENCOBA..!!

5 Response to "Membuat Aplikasi Hanya Bisa Berjalan Sekali (One Instance Application)"

Yosua mengatakan...

Saya sudah coba sesuai dengan cara yg di atas, tapi kenapa aplikasi sy masih bisa dibuka lebih dari 1 kali ya, mohon bantuan nya. terima kasih - William

Fikri mengatakan...

sippp, makasih mas. da aku coba & sukses.

@yosua : properti oneinstance na dirubah jadi .T. dulu. mungkin itu langkah yg terlewat.

semoga berhasil.

Aini Sastra mengatakan...

o iya. knp di t4 saya juga ga bisa ya...

suga-san mengatakan...

Mantap broo... berhasil nih... thanks ..

Agung Gm mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...