Pengetahuan Dasar Menu di Visual Foxpro

Berikut adalah artikel yang berhubungan dengan hal - hal yang berkaitan dengan menu yang ada di Visual Foxpro. Bagi teman - teman yang baru belajar Visual Foxpro bisa memanfaatkannya untuk menambah pengetahuan. 

Menu adalah suatu fasilitas yang dapat digunakan untuk mengorganisasikan form-form yang ada pada project yang sama sehingga semua form yang di miliki dapat di tampilkan sesuai dengan urutan dan kebutuhan aplikasi. Di dalam Visual Foxpro terdapat dua jenis menu yaitu (1) Menu yang biasanya akan ditampilkan di bagian atas form utama dibawah caption form, (2) Shortcut yaitu menu yang biasanya ditampikan saat kita melakukan klik kanan dengan posisi bisa bebas di dalam form.
Contoh Tampilan Menu
Contoh Tampilan Shortcut


Cara Membuat Menu
Pembahasan pertama mengenai menu kita coba mulai dari hal yang paling dasar yaitu cara pembuatan menu. Di Visual Foxpro teman - teman bisa melakukan alternatif cara berikut untuk membuat menu yaitu :

Cara 1 :
  1. Pada Layar Utama Visual Foxpro pilih menu File - New - pilih opsi Menu - klik tombol New file
  2. Setelah tampil jendela New Menu, selanjutnya bisa pilih, mau buat Menu atau Shortcut
Cara 2 :
  1. Buat sebuah project baru, kemudian klik tab Other - klik Menu - klik tombol New 
  2. Setelah tampil jendela New Menu, selanjutnya bisa pilih, mau buat Menu atau Shortcut
Cara 3 :
  1. Dari Command Window ketikkan Create Menu <nama menu>, Contoh Create Menu menuutm
  2. Setelah tampil jendela New Menu, selanjutnya bisa pilih, mau buat Menu atau Shortcut
Desain Menu
Dalam melakukan desain menu, Visual Foxpro menyediakan banyak fasilitas, dari pemberian icon, hotkey dan lain sebagainya bagi teman - teman yang ingin belajar membuat menu dari awal, bisa mempelajari langkah- langkah detailnya dengan membaca Chapter 11: Designing Menus and Toolbars di ebook yang di posting di Microsoft Visual Foxpro 6.0 - Programmer`s Guide. Dan berikut ini beberapa hal yang biasanya digunakan dalam desain form. :

  1. Bila ingin memberi garis pembatas antara submenu satu dan submenu lain, bisa mengetikkan \- di kotak Prompt di Menu Designer
  2. Bila ingin menjalankan form tertentu melalui submenu, bisa menaruh syntak DO FORM <nama form> Contoh DO FORM formutm di dalam kotak Command atau Procedure
  3. Untuk menutup Form yang sedang aktif di Form Utama bisa menggunakan syntak APPLICATION.ACTIVEFORM.RELEASE di dalam kotak Command atau Procedure
  4. Sedangkan untuk menutup Form Utama bisa berikan syntak  :
    QUIT
    CLEAR EVENTS
Cara Aktifkan Menu di Form
Secara default menu yang teman - teman buat tidak langsung bisa dijalankan di dalam form. Ada beberapa hal yang teman - teman harus perhatikan jika ingin menjalankan menu di form, hal - hal tersebut adalah :

  1. Form yang digunakan untuk menampilkan menu, property ShowWindow nya harus diatur ke 2 - As Top-Level Form
  2. Saat mengaktifkan Menu Designer, pilih menu View - General Options - aktifkan atau beri tanda centang pada opsi Top-Level Form - klik OK. Selanjutnya setiap melakukan perubahan pada menu, simpan perubahan dengan pilih menu Menu - Generate - klik Yes bila ada jendela konfirmasi penyimpanan perubahan.
  3. Di procedure init milik form yang digunakan untuk menampilkan menu ketikkan syntak berikut untuk menjalankan menu : DO <nama menu>.mpr WITH THIS,.T. Contoh DO mnutm.mpr WITH THIS,.T.
Cara Disable Submenu
Melalui menu, teman - teman juga bisa mengatur hak akses user dengan melakukan pembatasan untuk mengakses form tertentu, dengan cara mendisable submenu yang digunakan untuk menjalankan form tertentu tersebut. Syntak yang digunakan untuk mendisable submenu tertentu adalah sebagai berikut :

SET SKIP OF BAR 1 OF "File" .T.

Contoh syntak diatas adalah digunakan untuk mendisable submenu yang ada di menu File, dan submenu pada urutan atau baris pertama lah yang akan di disable yang ditunjukkan dengan syntak BAR 1. Sedangkan .T. adalah syntak yang digunakan untuk mengatur agar submenu pada baris pertama di disable, jika teman - teman mengubahnya menjadi .F. maka submenu pada baris pertama pada menu File akan di enable kan lagi.

Beri Tanda Centang di Submenu 
Selain bisa mengatur agar submenu bisa disable atau enable, teman - teman juga bisa mengatur agar di sisi kiri pada submenu tertentu akan terdapat tanda centang, dengan mengetikkan syntak berikut :

SET MARK OF BAR 1 OF "FILE" TO .T.

Contoh syntak diatas adalah digunakan untuk memberikan tanda centang pada submenu yang ada di menu File, dan submenu pada urutan atau baris pertama lah yang akan di beri tanda centang yang ditunjukkan dengan syntak BAR 1. Sedangkan .T. adalah syntak yang digunakan untuk mengatur agar submenu pada baris pertama tersebut di beri tanda centang, jika teman - teman mengubahnya menjadi .F. maka tanda centang di submenu pada baris pertama pada menu File akan di dihilangkan.
Tanda Centang pada Submenu

Menu Lanjut
Selain melalui Menu Designer dalam membuat dan mendesain menu, di Visual Foxpro juga bisa membuat dan merancang menu melalui syntak. Dengan membuat menu melalui syntak, teman - teman bisa mempunyai lebih kebebasan dalam mengatur dan mendesain menu, salah satu contoh pembuatan menu melalui syntak bisa teman - teman lihat di posting Mengatur Posisi Menu, yang bisa mengatur posisi menu yang biasanya berada di atas tetapi bisa diatur posisinya sesuai keinginan.
Posisi Menu yang Tidak di Atas


SEMOGA BERMANFAAT...!!

6 Response to "Pengetahuan Dasar Menu di Visual Foxpro"

nelly mengatakan...

mas SET SKIP OF BAR 1 OF "File" .T. itu di taro di Form menu utama sesudah perintah DO mnutm.mpr WITH THIS,.T. atau dimenu?

Andy Prasetyo Utomo mengatakan...

@nelly : naruhnya terserah nell, misal ingin saat form utama dijalankan submenu langsung nampak disable ya ditaruh aja syntak set skip setelah syntak Do mnutm....

Tapi kalau ingin secara interaktif, syntak set skip bisa ditaruh di commanbutton atau di taruh di procedure form anak...intinya ditaruh dimana ...tergantung kita inginnya seperti apa.

princess zara mengatakan...

nice :))

Ifoenk mengatakan...

Mohon bantuannya gan....!

Gimana Cara membuat aplikasi multi user dan menampilkan menu sesuai hak akses..

terima kasih...

alfalfa Fairusyah mengatakan...

tolong jawab pertanyaan "Ifoenk" cause itu jg problem saya...

Jaya Al-Azhar mengatakan...

gimana yah klo ada 2 form, form1 & form2. trus di masing2 form jg ada text1. nah isi di text1 di form1 akan otomatis sama dengan isi tex1 di form2 ketika dipanggil... mohon pencerahannya ke email jayaazhari@gmail.com...thank..

Poskan Komentar

Bila komentar tidak tampil, silahkan ke page Welcome dan beritahukan melalui email yang tertera disana, kemungkinan komentar anda dianggap sebagai spam, biar nanti admin yang akan merubahnya, Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...