Visual Foxpro Certification Exams Study Guide

Ini adalah buku yang memberikan panduan dan gambaran materi yang harus dikuasai bila ingin mencoba untuk mengambil sertifikasi Visual Foxpro. Meskipun teman - teman Foxpro Mania tidak berminat untuk mengambil sertifikasi Visual Foxpro, tetapi setidaknya buku ini bisa memberikan pandangan dan gambaran apa standart yang harus di kuasai jika ingin mendapatkan sertifikasi Visual Foxpro, dan pasti jika teman - teman merasa sudah menguasai atau memenuhi standart tersebut berarti setidaknya sudah merasa kemampuan programming Visual Foxpro yang dikuasai sudah layak untuk bersaing di pasaran. 

Sedangkan bagi pemula buku ini cocok, karena bisa memberikan dorongan untuk lebih belajar lagi menguasai kemampuan dalam programming Visual Foxpro untuk mengejar standart yang sudah diakui. Bila teman - teman berminat untuk  membaca buku ini untuk menambah wawasan mengenai materi - materi yang akan diujikan bila mengambil sertifikasi Visual Foxpro, silahkan download buku nya di link di bawah ini :



Semoga Bermanfaat...!!

Menghitung selisih hari dan jam

Berikut ini kita akan mencoba untuk melakukan penghitungan selisih waktu yang dimulai dari selisih hari dan kemudian dilanjutkan ke yang lebih detail yaitu menghitung selisih jam, menit dan detik dari dua data waktu yang dibandingkan.

Perhitungan selisih waktu ini biasanya digunakan pada aplikasi parkir otomatis, perpustakaan, rental DVD dan lebih banyak lagi. Selanjutnya kita langsung aja menuju studi kasus biar lebih jelas.

Studi Kasus 1 
(menghitung selisih hari antara tanggal 12-10-2011 sampai 18-10-2011 format tgl dd/mm/yyyy)

Cara 1--->>

date1=CTOD("10-18-2011")
date2=CTOD("10-12-2011")
selisih=date1-date2

Cara 2--->>

date1=DATETIME(2011,10,18,0,0,0)
date2=DATETIME(2011,10,12,0,0,0)
selisih=ROUND((date1-date2)/(3600*24),0)

Variable selisih berisi jumlah selisih hari dari 2 tanggal 12-10-2011 dan 18-10-2011

Studi Kasus 2 
(menghitung selisih jam antara tanggal 12-10-2011 pukul 20:30:23 sampai 18-10-2011 pukul 10:15:10 format tgl dd/mm/yyyy dan format waktu hh:mm:ss)

date1=DATETIME(2011,10,18,10,15,10)
date2=DATETIME(2011,10,12,20,30,23)
selisih=date1-date2

jam=FLOOR(selisih/3600)
menit=FLOOR(MOD(selisih,3600)/60)
detik=MOD(MOD(selisih,3600),60)

Selisih kedua waktu diatas diterjemahkan dalam variable jammenit dan detik.


SELAMAT MENCOBA...!!

Source Code untuk mengetahui IP Public

IP Public adalah IP address yang digunakan untuk lingkup internet, host yang menggunakan IP public dapat diakses oleh seluruh user yang tergabung di internet baik secara langsung maupun tidak langsung. IP Public ini ibaratnya adalah sebuah no handphone yang pasti akan unik dan tidak akan sama di seluruh dunia.

Untuk mengetahui informasi IP Public yang sedang kita gunakan saat terkoneksi dengan internet tidak semudah mengetahui IP Private yang terkonek dengan LAN yang biasanya dalam Command Windows kita cukup mengetikkan ipconfig. Cara termudah untuk mengetahui IP Public adalah mengunjungi WEB yang memberikan layanan pendeteksian IP Public seperti whatismyip.com, whatismyipaddress.com, your-ip-address.com dan lain sebagainya. Pada trik kali ini akan dicoba untuk mengetahui IP Public yang kita gunakan melalui Source Code.

Cara yang digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai IP Public ini sebenarnya juga masih memanfaatkan web layanan pendeteksian IP Public, tetapi bedanya kita tidak perlu mengunjunginya atau tidak perlu membuka web tersebut, tetapi kita hanya perlu terkonek dengan internet dan menjalankan source code di bawah ini :

Cara 1 -->

oHTML = CreateObject("MSXML2.XMLhttp")
oHTML.open("GET", "http://www.your-ip-address.com", .F.)
ohtml.send()
P3=oHTML.ResponseText
P1="Your IP address is"
P2="</nobr></td></tr></table>"
CIP=SUBSTR(P3,AT(P1,P3,1)+39,AT(P2,P3,1)-AT(P1,P3,1)-39)



Cara 2 -->

LOCAL oIe AS InternetExplorer.Application
LOCAL tDt
oIe = CREATEOBJECT([InternetExplorer.Application])
oIe.Navigate2([whatismyip.com])
tDt = DATETIME()
DO WHILE oIe.ReadyState <> 4 AND DATETIME() - tDt < 30
   INKEY(0.01)
ENDDO

ALINES(laLines,oIe.Document.Body.InnerText)
CIP=SUBSTR(ALLTRIM(laLines[3]),21,LEN(ALLTRIM(laLines[3]))-21)
oIe = NULL


Pada cara yang pertama kita menggunakan your-ip-address.com dan pada cara kedua whatismyip.com yang digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai IP Public yang kita punyai. Dari kedua cara diatas data mengenai IP Public yang telah didapatkan akan ditampung di variable CIP yang selanjutnya anda bisa tampilkan atau lakukan tambahan operasi lebih lanjut.




SELAMAT MENCOBA...!!

Konversi gambar dengan "_gdiplus.vcx"

Konversi gambar yang dimaksudkan disni adalah melakukan konversi dari dari satu jenis gambar yang kemudian di konversi atau disimpan ke dalam jenis gambar yang lainnya, sebagai contoh gambar dengan format JPEG yang di konversi atau disimpan ke dalam format PNG, GIF atau yang lainnya. Fungsi ini adalah salah satu fungsi yang biasanya dimiliki oleh software editor gambar seperti MS Pain, Adobe Photoshop, Irfan View dan lain - lain. Bila teman - teman Foxpro Mania ingin mencoba untuk membuat aplikasi editor gambar, mungkin setidaknya teknik konversi ini harus dikuasai terlebih dahulu. Meskipun begitu fungsi ini sebenarnya juga tidak hanya bisa diaplikasikan di software editing gambar, di berbagai aplikasi lain yang di dalamnya berhubungan dengan penyimpanan gambar seperti data mahasiswa, pelanggan dan produk juga bisa digunakan, jika ingin menyeragamkan gambar yang akan disimpan di table dengan format tertentu.

Dalam melakukan konversi gambar ini, akan menggunakan kontrol "_gdiplus.vcx". Kontrol "_gdiplus.vcx" secara default sudah terdapat di folder "ffc" yang ada di folder installasi Visual Foxpro. Selanjutnya kita langsung coba saja trik ini dengan menggunakan syntax di bawah ini :

LOCAL lcSumber, lcTujuan
lcSumber = GETPICT()
lcTujuan = JUSTPATH(lcSumber) + "\_" + JUSTSTEM(lcSumber)

LOCAL loImage AS GpImage OF HOME() + ffc/_gdiplus.vcx
loImage = NEWOBJECT("GpImage",HOME()+"ffc/_gdiplus.vcx")
loImage.CreateFromFile(lcSumber)
loImage.SaveToFile(lcTujuan + ".png","image/png")

Dengan menjalankan syntax diatas maka pertama anda akan diminta untuk memilih satu file gambar dan kemudian file gambar tersebut akan disimpan atau di konversi ke jenis PNG karena paramater hasil jenis output konversi yang dipilih adalah "image/png". File gambar hasil konversi ini akan disimpan dengan nama yang sama dengan nama file sumbernya tetapi dengan tambahan karakter "_" di depannya dan juga disimpan dalam folder yang sama dengan file gambar sumbernya. 

Dalam contoh diatas hasil konversi gambar yang diinginkan adalah gambar dengan format PNG, selanjutnya gimana kalau kita ingin mengkonversinya dengan format yang lain???...mudah saja...kita tinggal ubah parameter "image/png" dalam contoh diatas. Dengan parameter lain berikut ini :

  • image/bmp
  • image/jpeg
  • image/gif
  • image/tiff
  • image/png
Terakhir yang perlu diperhatikan, jika ingin memasukkan fungsi ini ke aplikasi anda dan kemudian mendistribusikannya jangan lupa (1) copy file "_gdiplus.vcx" di folder "ffc" yang ada di folder installasi Visual Foxpro ke dalam folder anda sendiri. (2) masukkan "_gdiplus.vcx" ke project aplikasi anda dan (3) ubah syntax "HOME() + ffc/_gdiplus.vcx" pada contoh diatas dengan path dimana sekarang anda menyimpan file "_gdiplus.vcx" tersebut. Semoga Berhasil...!!


SELAMAT MENCOBA...!!

Package Aplikasi dengan InstallShield Express

Setelah kita berhasil mem-build aplikasi project kita dan menjadikannya sebuah EXE. Langkah Selanjutnya adalah membungkusnya atau sering biasa disebut mem package nya sebelum nanti dipasarkan. Kalau diibaratkan EXE yang sudah berhasil kita buat itu merupakan barang yang sudah jadi, dan Package ini adalah bertujuan untuk membungkus barang tersebut dan mengemasnya dengan baik sebelum di pasarkan. 

Ada berbagai macam Software untuk melakukan package tetapi yang merupakan bawaan dari Visual Foxpro 9.0 adalah Instalshield Express 5.0, dengan program ini nanti anda bisa mengatur dimana idealnya lokasi file dan table nanti saat didistribusikan ke pelanggan, selain itu juga bisa secara otomatis meregisterkan kontrol dll,ocx dan lain sebagainya. Untuk mempelajari cara dan langkah dalam membuat Installer ini anda bisa membacanya di Deploying Visual Foxpro Solutions atau bila butuh tutorial singkatnya bisa baca Langkah Package Aplikasi Foxpro Dengan InstallShield Express. Bila anda belum mempunyai aplikasi Package Installshiled Express anda bisa mendownloadnya di link di bawah ini :




SELAMAT MENCOBA...!!

Menampilkan Symbol di Label

Dalam MS Word kita mengenal symbol sebagai karakter - karakter yang unik yang biasa kita gunakan untuk melambangkan sesuatu. Symbol ini biasanya terdiri dari karakter yang tidak bisa atau tidak terdaftar di keyboard, jadi untuk menampikannya kita tidak bisa langsung mengetiknya dari keyboard. 

Kalau di dalam MS Word kita bisa dengan mudah melakukan insert symbol bila ingin menggunakan symbol, tetapi gimana kalau kita ingin menampilkan symbol - symbol tersebut di dalam kontrol label kita???..yang pasti tidak semudah menampilkannya dengan MS Word. 
Aneka Ragam Symbol di Caption Label 

Bila suatu saat kita berkepentingan untuk menampilkan Symbol di kontrol label maka cara atau syntak yang digunakan adalah fungsi chr(), gimana cara penggunannya dibawah ini contohnya :

label1.caption=chr(188)

syntax diatas akan menampilkan symbol "1/4" di caption milik label 1. Symbol "1/4" di fungsi tersebut diwakili dengan nilai Ascii Decimal 188. Bila ingin mengetahui nilai Ascii Decimal dari symbol - symbol yang lain bisa melihat daftar nilainya di bawah ini :

Daftar Nilai Ascii Decimal Symbol

Dengan menggunakan daftar diatas anda bisa berkreasi untuk menampilkan symbol di dalam label. Dan untuk percobaan tambahan atau jika anda ingin menampilkan symbol yang menyerupai gambar dan bisa coba mengganti Font di kontrol label tersebut dengan Font "Webdings, Wingdings, Wingdings 2 atau Wingdings 3" sehingga anda bisa menampilkan Symbol seperti yang ada di gambar "aneka ragam symbol".


SELAMAT MENCOBA...!!

Decompiler dan Undecompiler Foxpro

Bila anda mempunyai sebuah aplikasi yang telah anda jadikan EXE, dan suatu saat Project Aplikasi untuk program tersebut hilang, padahal anda menerima pesenan program serupa tapi dengan sedikit customisasi???.. apakah anda akan membangun ulang program tersebut???..yang pasti akan banyak waktu dan tenaga lagi yang anda gunakan..huft...

Untuk mengatasi itu ada beberapa program yang dapat digunakan untuk membaca ulang EXE program yang dibuat dengan Visual Foxpro dan kemudian menterjemahkannya kembali ke dalam Project Aplikasi atau disebut sebagai proses Decompiler. Tetapi kadang program Decompiler ini di salah gunakan untuk melihat project aplikasi atau source code program milik orang lain dan kemudian mengedit sedikit dan menjualnya. Kalau kejadiannya seperti itu pasti akan sangat membuat si pembuat program geram bukan main. 

Tetapi jangan kuatir, selain ada program Decompiler ada juga program yang dapat memproteksi EXE agar tidak bisa di Decompiler, program ini disebut Undecompiler atau anti Decompiler, dengan program ini maka EXE anda akan dapat terproteksi dengan aman dari program Decompiler. 

Untuk mencoba kedua program tersebut silahkan coba pakai beberapa tool program berikut ini dan bisa bereksperiment dan melakukan coba - coba untuk mengetahui hasilnya :


SELAMAT MENCOBA...!!

Creating Visual FoxPro Applications with Visual FoxExpress


Bila anda ingin belajar mengenai penanganan object, pembuatan dan pemakaian class, interface dan aplikasi berbasis client - server, maka ini adalah buku yang tepat. Buku ini dilengkapi dengan source code yang digunakan sebagai contoh dan latihan yang bisa juga anda download dan langsung anda coba dengan mudah. Bagi yang tertarik untuk memperdalam Visual Foxpro silahkan baca dan download buku ini di link dibawah ini :






SEMOGA BERGUNA...!!

1002 Things You Wanted to Know About Extending Visual FoxPro

Bila sebelumnya telah ada buku 1001 Things You Wanted To Know About Visual Foxpro maka buku ini adalah seri kelanjutan dari buku tersebut. Di buku ini akan menceritakan pengalaman - pengalaman yang lain yang pernah dialami oleh para programmer Visual Foxpro dalam membangun aplikasi dengan menggunakan Visual Foxpro. Buku ini dilengkapi dengan Source Code sehingga anda bisa mencoba contoh - contoh program yang ada di buku ini dengan mudah. Untuk mempelajarinya silahkan download di link di bawah ini :





SEMOGA BERGUNA...!!

The Visual FoxPro Report Writer - Pushing it to the Limit and Beyond

Buku ini adalah buku yang secara lebih dalam membahas pembuatan report dalam Visual Foxpro. Bila anda ingin memperkaya dan menambah kreatifitas dalam menghasilkan report di Visual Foxpro yang berkualitas dan berpenampilan menarik, maka inilah buku yang tepat untuk dipelajari. Buku ini dilengkapi dengan Source code latihan yang ada dijelaskan di buku sehingga anda dengan mudah dapat mencobanya Silahkan download dan pelajari buku tentang report di link download di bawah ini :





SEMOGA BERGUNA...!!

Deploying Visual FoxPro Solutions

Setelah project aplikasi yang kita buat selesei, langkah selanjutnya adalah mendistribusikan program yang telah dibuat. Bagaimana cara mendistribusikan, pilihan cara dan software yang digunakan untuk melakukan distribusi dan hal - hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan dalam melakukan distribusi, semuanya ada di buku ini . Bila anda pengguna Visual Foxpro pemula dan ingin mencoba untuk mendistribusikan program anda untuk pertama kali sangat cocok untuk membaca buku ini yang bisa anda baca dan pelajari di link di bawah ini :



*Jika CHM saat dibuka menampilkan indek tetapi konten tidak tampil silahkan gunakan file chm.fix untuk memperbaikinya*

SEMOGA BERGUNA...!!

Microsoft Office Automation With Visual Foxpro


Bila anda ingin mempelajari pembuatan aplikasi Visual Foxpro yang berhubungan dengan Object khususnya Microsoft Office, baik Word, Excel ataupun Power Point, maka inilah buku yang tepat. Dengan buku ini anda bisa membuat aplikasi yang bisa memanfaatkan fasilitas - fasilitas di Microsoft Office, menghasilkan output atau memasukkan lewat pakai Microsoft Office dan lain sebagainya. Jika anda tertarik untuk mempelajarinya silahkan download dan pelajari bukunya di link di bawah ini :




*Jika CHM saat dibuka menampilkan indek tetapi konten tidak tampil silahkan gunakan file chm.fix untuk memperbaikinya*

SEMOGA BERGUNA..!!

Fundamentals Building Visual Studio Applications - on a Visual Foxpro 6.0 Foundation


Dasar - dasar dalam membangun sebuah aplikasi berbasis Visual Studio dengan menggunakan Visual Foxpro ada disini. Bagi para programmer pemula bisa membaca buku ini untuk menambah dasar dan pengetahuan sebelum mulai terjun di dunia programming untuk menghasilkan aplikasi yang komplek untuk dipasarkan kepada pelanggan. Silahkan baca bukunya dan pelajari isinya di link dibawah ini :





SEMOGA BERGUNA...!!

Building Database Applications on the Web with Visual FoxPro and Web Connection


Buku ini adalah panduan lengkap bagi para pengguna Visual Foxpro untuk membangun aplikasi berbasiskan WEB. Dengan membaca buku ini dengan sebelumnya telah membaca buku Internet Applications with Visual Foxpro 6.0 maka kemampuan programming Visual Foxpro dalam hubungannya dengan WEB dan Internet akan terasa semakin lengkap. Bila tertarik untuk mempelajarinya silahkan baca buku ini di link dibawah ini






SEMOGA BERGUNA..!!

Dot NET for VFP Developers


Berikut ini adalah buku bagi para pengguna Visual Foxpro yang mau beralih ke pemrograman dot net. Semua hal - hal yang diperlukan baik dari segi cara pemakaian dan kebiasaan Visual Foxpro saat membuat sebuah aplikasi akan coba dialihkan atau dicerminkan ke pemrograman dot net. Dengan cara tersebut perpindahan dari Visual Foxpro ke dot net akan terasa mudah untuk dilakukan. Bila anda tertarik untuk mencobanya silahkan membaca buku ini di link di bawah ini :






SEMOGA BERGUNA...!!

What's New In Nine - Visual Foxpro's Latest Hits


Buku Visual Foxpro ini membahas tentang hal - hal baru yang ada di Versi Visual Foxpro terakhir yaitu 9.0. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas tentang hal - hal baru dari Visual Foxpro 9.0 wajib untuk membaca buku ini. Dengan membaca buku ini anda dapat memanfaatkan secara optimal fasilitas - fasilitas yang ada di Visual Foxpro 9.0 sehingga bisa menghasilkan aplikasi yang lebih baik. Bila anda tertarik untuk membacanya silahkan download di link di bawah ini :





SEMOGA BERGUNA...!!

Internet Applications with Visual FoxPro 6.0

Ini adalah buku yang berisi panduan bagi para pengguna Visual Foxpro bila ingin membuat aplikasi yang berbasis internet. Meski buku ini memakai Visual Foxpro 6.0 tetapi tetap bisa diterapkan pada Visual Foxpro di versi - versi selanjutnya. Di dalam buku ini berisi penjelasan dan langkah serta hal - hal yang berkaitan dengan pembuatan aplikasi dengan Visual Foxpro yang dihubungkan dengan WEB. Bila anda ingin mencoba membangun aplikasi menggunakan Visual Foxpro dengan berbasiskan internet buku ini adalah buku yang cocok anda perlajari terlebih dulu. Bila tertarik untuk membacanya silahkan download bukunya di link di bawah ini :




SEMOGA BERGUNA...!!

What's New in Visual Foxpro 8.0


Buku Visual Foxpro ini membahas tentang hal - hal baru yang ada di Versi Visual Foxpro 8.0. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas tentang hal - hal baru dari Visual Foxpro 8.0 wajib untuk membaca buku ini. Dengan membaca buku ini anda dapat memanfaatkan secara optimal fasilitas - fasilitas yang ada di Visual Foxpro 8.0 sehingga bisa menghasilkan aplikasi yang lebih baik. Bila anda tertarik untuk membacanya silahkan download di link di bawah ini :





*Jika CHM saat dibuka menampilkan indek tetapi konten tidak tampil silahkan gunakan file chm.fix untuk memperbaikinya*

SEMOGA BERGUNA...!!

HTML Help Workshop

HTML Help Workshop adalah program yang digunakan untuk membuat help. Jika anda membuat aplikasi dan ingin melengkapi aplikasi anda dengan help dengan tamplilan yang bagus dan dengan tampilan yang kurang lebih sama dengan Help yang dimiliki Visual Foxpro 9.0 maka anda bisa menggunakan program ini untuk membantu anda membangun Help tersebut.

HTML Help ini sebenarnya adalah bawaan dari Visual Foxpro 8.0, tetapi di Visual Foxpro 9.0 tidak disertakan lagi. Penggunaan dari HTML Help Workshop ini tidak sulit anda bisa mencoba dan mempelajarinya sendiri dalam waktu yang singkat, tetapi jika anda ingin membaca panduannya anda bisa membaca dan mendownload ebook Microsoft Visual Foxpro 6.0 - Programmer`s Guide yang di salah satu babnya membahas tentang penggunaan HTML Help Workshop ini.


Untuk menggunakannya anda bisa download installer HTML Help Workshop di link di bawah ini



Semoga Bermanfaat...!!

MySQL Client-Server Applications with Visual FoxPro

MySQL Server adalah salah satu database server yang sangat banyak digunakan dan sangat populer yang dikarenakan oleh kecepatan, kesimpelan dan bisa digunakan tanpa lisensi karena bersifat open source. Visual Foxpro yang merupakan aplikasi programming juga bisa menggunakan MySQL ini sebagai dabasenya. Dengan memanfaatkan MySQL Server sebagai database yang digunakan oleh Visual Foxpro maka kemampuan Visual Foxpro dalam membuat aplikasi Client - Server dapat ditingkatkan. 




Buku ini berisi panduan dalam membuat aplikasi Client -Server dengan memanfatkan MySQL Server. Panduan lengkap dari yang sederhana sampai detail ada di Buku ini. Buku ini cocok buat penguna Visual Foxpro yang mau mencoba membuat aplikasi Client - Server dengan MySQL Server. 


Untuk mempelajari lebih lengkap tentang penggunaan MySQL Server dalam Visual Foxpro silahkan download buku tersebut di link di bawah ini


Semoga Berguna..!!

Client-Server Applications with Visual FoxPro and SQL Server

Buku ini berisikan konsep, panduan dan contoh - contoh dalam membuat sebuah aplikasi client server dengan menggunakan database SQL Server. Bagi anda yang ingin mempelajari pembuatan aplikasi client server dengan menggunakan SQL Server wajib membaca buku ini terlebih dulu. 

Visual foxpro yang sebenarnya telah mempunyai database bawaan yaitu dbf...ternyata juga mempunyai fasilitas dan kemampuan untuk menggunakan database yang lain, baik yang bersifat stand alone atau berbasis server seperti SQL Server.




Untuk lebih jelasnya mengenai konsep pembuatan aplikasi dengan SQL server ini silahkan download dan baca buku di link di bawah ini


Semoga Berguna..!!

Advanced Object Oriented Programming with Visual FoxPro 6.0

Bagi yang ingin menerapkan konsep OOP (Object Oriented Programming) pada Visual Foxpro, anda harus membaca buku ini.Buku ini menerangkan penerapan dari Visual Foxpro dengan menggunakan Konsep OOP. Penjelasan dari buku ini dimulai dari konsep dasar dari OOP sampai ke penjelasan rinci, yang kemudian dilanjutkan dengan penerapannya dalam coding.

Visual Foxpro ternyata sudah lama mengadopsi konsep OOP dalam pembangunan aplikasi. Bahkan sudah dimulai dari versi sebelum 6.0. Dukungan konsep OOP nya juga tidah hanya dari sisi Visual atau berbasis kontrol seperti visual basic, tetapi juga dari sisi text seperti JAVA. Bila tertarik mempelajarinya silahkan download buku ini di link dibawah ini :

*Jika CHM saat dibuka menampilkan indek tetapi konten tidak tampil silahkan gunakan file chm.fix untuk memperbaikinya*

Semoga Berguna...!!

Hacker's Guide to Visual FoxPro 7.0.


Ini adalah buku yang berisikan materi visual foxpro yang disajikan dengan konsep yang agak lain dari buku programming yang lainnya. Buku ini cocok dibaca oleh pengguna foxpro yang sebelumnya telah menguasai dasar - dasar visual foxpro dan berkeinginan untuk mempelajarinya lebih lanjut dengan konsep yang agak beda. Meskipun buku ini ditujukan unuk visual foxpro 7.0 tetapi materi - materi di dalamnya juga bisa digunakan pada visual foxpro 9.0.



Bila anda tertarik untuk membacanya silahkan download di link di bawah ini.


*Jika CHM saat dibuka menampilkan indek tetapi konten tidak tampil silahkan gunakan file chm.fix untuk memperbaikinya*

Semoga Berguna..!!

Microsoft Visual Foxpro 6.0 - Programmer`s Guide

Ini adalah buku panduan bagi yang mau belajar visual foxpro dari awal. Meskipun ini adalah panduan bagi visual foxpro 6.0 tp bisa juga digunakan sebagai bahan latihan untuk visual foxpro 9.0. Buku ini merupakan panduan lengkap mulai dasar sampai membuat aplikasi yang dilengkapi dengan help. Bila anda mau belajar mengenai Visual Foxpro dari awal cobalah membaca buku ini dari awal sampai akhir. Setelah itu anda pasti akan mendapatkan gambaran secara umum tentang visual foxpro ini.



Bila tertarik untuk membacanya silahkan download di link dibawah ini


*Jika CHM saat dibuka menampilkan indek tetapi konten tidak tampil silahkan gunakan file chm.fix untuk memperbaikinya*

Semoga Berguna....!!

1001 Things You Wanted To Know About Visual FoxPro


Ini adalah sebuah buku yang akan mengajarkan bagaimana menggunakan Visual FoxPro. Tujuan utamanya adalah untuk menyaring beberapa pengalaman (sering menyakitkan) dalam dunia programming, dan banyak lainnya yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun sehingga Anda dapat menghindari jatuh ke dalam perangkap yang sama.

Buku ini memuat soludi yang dicoba dan diuji untuk masalah umum dalam Visual FoxPro bersama-sama dengan beberapa teknik dasar untuk membangun Visual FoxPro peralatan dan komponen. Buku ini disusun dalam bab-bab yang mencoba untuk subyek kelompok di bawah judul logis. Setiap bab
, pada dasarnya, terdiri dari serangkaian pertanyaan "Bagaimana Apakah saya ...? ".



Semoga Berguna...!!

Master Installer Visual Foxpro 9.0




Bagi pemula yang mau belajar Visual Foxpro dan kebetulan belum punya Master Installer Visual Foxpro. Setelah searching kesana - sini...akhirnya menemukan juga beberapa link download untuk Master Installer Foxpro 9.0  yang masih bisa digunakan.


Link I


Link II


Link III


Visual Foxpro Part 1
Visual Foxpro Part 2
Pass : peb


Visual Foxpro Part 1
Visual Foxpro Part 2
Visual Foxpro Part 3
Visual Foxpro Part 4
Visual Foxpro Part 5
Visual Foxpro Part 6


Visual Foxpro 9.0

Semoga Bermanfaat.....!!!

Menambahkah Icon ke System Tray

System Tray adalah taskbar Windows yang defaultnya berada di pojok kanan bawah. Taskbar ini berisikan icon - icon yang merupakan shorcut atau tanda dari aplikasi yang sedang berjalan. Tidak semua aplikasi mempunyai shortcut di System Tray ini. Aplikasi yang menambahkan Icon atau shorcut di System Tray ini dapat mengirimkan pesan yang biasanya disebut baloon tips, selain itu melalui icon di System Tray ini juga dapat mengakses menu aplikasi yang bersangkutan.

Contoh Penambahan Icon ke System Tray

Dalam Visual Foxpro sebenarnya sudah disediakan Class Library yang bernama systray.vcx. Dengan Class Library tersebut maka dengan mudah kita dapat membuat aplikasi yang dapat menambahkan Icon ke System Tray selain itu juga bisa menambahkan menu yang bisa diakses lewat icon tersebut dan juga dapat menampilkan baloon tips untuk menyampaikan pesan. Contoh dari penerapan systray.vcx tersebut dapat anda lihat dan coba di contoh project penerapan systray yang ada di link di bawah ini.


SELAMAT MENCOBA...!!

Konversi kata ke suara & mainkan animasi dengan MS Agen

MS Agen adalah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan karakter animasi, mesin text-to-speech (kata ke suara), dan perangkat lunak pengenalan pembicaraan untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna komputer. MS Agen terpasang sebagai bagian dari Microsoft Windows 2000 sampai ke Windows Vista (tetapi tidak bagian dari Windows 7). MS Agen ini bisa digunakan sebagai kontrol ActiveX, sehingga semua fungsi dan kemampuannya bisa dimanfaatkan oleh bahasa pemrograman yang berjalan di Windows. 

Dalam Visual Foxpro, MS Agen juga dapat digunakan untuk menambahkan karakter animasi ke dalam aplikasi kita dengan tujuan untuk meningkatkan interaktif dengan pengguna. Selain itu dengan MS Agen kita dapat dengan mudah membuat fungsi atau modul yang dapat mengkonversi kata ataupun kalimat menjadi suara, seperti aplikasi pengecekkan sisa pulsa pada provider seluler.
Karakter Agen Peedy dan Merlin
Kontrol MS Agen ini sebenarnya sudah disediakan dalam solution sample Visual Foxpro 9.0 dalam bentuk class library, yang nantinya dapat kita gunakan dengan mudah. Beberapa fungsi utama dari class library _agent.vcx adalah sebagai berikut :

  1. .load("Peedy", "Peedy.acs"). load adalah fungsi _agent.vcx yang digunakan untuk me-load karakter MS Agen dengan nama Peedy dan file untuk karakter tersebut bernama Peedy.acs.
  2. .setActiveAgent("Peedy"). setActiveAgent adalah fungsi yang digunakan untuk memilih karakter mana yang mau diaktifkan (sebelum diaktifkan harus di load terlebih dahulu), sehingga fungsi - fungsi yang dilakukan setelah karakter tersebut diaktifkan akan merujuk ke karakter tersebut.
  3. .show(400,200). show adalah fungsi yang digunakan untuk menampilkan karakter yang sekarang sedang aktif dan sekaligus menentukan letak karakter tersebut di layar yang ditunjukkan dengan koordinat Y dan X yang dalam contoh ditunjukkan dengan angka 400 dan 200. Selain itu fungsi ini juga bisa digunakan untuk membuat karakter bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan pengaturan koordinat tersebut.
  4. .play("Announce"). play adalah fungsi yang digunakan agar karakter yang sedang aktif melakukan tindakan tertentu. Daftar dari tindakan ini nanti akan bisa anda lihat di contoh project MS Agent.
  5. .Speak("Foxpro Mania"). Speak adalah fungsi yang digunakan agar karakter yang sedang aktif menampilkan kata atau kalimat (yang dalam contoh adalah "Foxpro Mania") dan sekaligus akan bersuara sesuai kata tersebut. Disinilah kata atau kalimat bisa dengan mudah dikonversi menjadi suara. Dengan catatan bila kata yang dicantumkan adalah dalam bahasa indonesia maka kata atau kalimat tersebut tetap bisa disuarakan tetapi tetap dengan logat english.
Walaupun secara default pada Windows 2000 sampai Windows Vista secara otomatis MS Agen ini telah terinstal, tetapi instalasi tersebut tidak beserta dengan komponen - komponen pendukungnya. Untuk mengaktifkan fasilitas text-to-spech (konversi kata ke suara) maka komponen - komponen pendukung tersebut harus juga diinstal. Dibawah ini adalah contoh project pemakaian Class Library agent.vcx yang merupakan modifikasi dari contoh form yang ada di solution sample Foxpro. Di dalam folder contoh project MS Agen ada folder yang berisi kumpulan komponen pendukung beserta beberapa karakter MS Agen yang harus anda instal terlebih dulu sebelum menjalankan contoh project MS Agen dibawah ini.




SELAMAT MENCOBA....!!

Aplikasi Ujian Berbasis Jaringan

Aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan ujian bertipe multiple choice, dengan berbasiskan jaringan sehingga memungkinkan hasil ujian yang dapat dilihat secara realtime. Project aplikasi ini terdiri dari dua project yaitu :

  1. Project untuk Server, yaitu project aplikasi yang digunakan untuk memantau setiap pekerjaan ujian yang dilakukan oleh client. Project server ini juga mempunyai fasilitas untuk dapat mengirimkan pesan ke client atau yang sedang mengerjakan ujian dan juga dapat mematikan atau menshutdown komputer client yang dianggap curang dalam mengerjakan ujian.
  2. Project untuk Client, yaitu project aplikasi yang berisi soal yang harus dikerjakan oleh yang mengerjakan ujian. Di project client ini juga dapat dilihat hasil skor dari pengerjaan ujian dan sekaligus akan mengrim skor tersebut ke server.
Aplikasi Ujian Berbasis Jaringan ini dibangun dengan menggunakan database MySQL server sehingga mendukung operasi database client server. Konfigurasi yang harus dilakukan dalam menjalankan aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan di komputer yang dianggap sebagai server terinstal MySQL Server. Untuk komputer Client tidak perlu terinstal MySQL Server.
  2. Import dblomba.sql yang berada satu folder dengan project aplikasi server ke dalam MySQL Server anda.
  3. Baik komputer Server dan setiap komputer Client harus terinstal "Driver Konektor ODBC Mysql 3.51", kalau belum punya bisa download disini.
  4. Buka file koneksi.apu yang berada satu folder dengan project aplikasi server dan project aplikasi client. Secara default isi koneksi.apu adalah 1,localhost,root,0,dbbill. Setingan ini hanya untuk dijalankan jika aplikasi server dan client berada pada satu komputer. Dalam penerapan aplikasi yang sesungguhnya dimana nantinya akan terdapat 1 server dengan banyak client yang terhubung jaringan maka seting tersebut harus diubah dengan ketentuan localhost diganti dengan IP address komputer server misalnya 192.168.1.4, root  biarkan tetap saja karena merupakan user default admin bawaan MySQL Server, 0 biarkan tetap jika anda tidak memberikan password untuk akses ke user root, kalau akses ke username root ini dikasih password maka 0 diganti dengan password untuk akses ke user root tersebut. Settingan ini harus diterapkan baik di file koneksi.apu yang ada di project aplikasi server maupun file koneksi.apu yang ada di project aplikasi client.
Untuk file project Aplikasi Ujian Berbasis Jaringan dapat di download di link dibawah ini.


SELAMAT MENCOBA...!!

Aplikasi Penjualan (Point Of Sales ) pada CafeWarnet

Aplikasi ini adalah salah satu contoh aplikasi Point Of Sales (POS) atau aplikasi penjualan yang ada di salah satu cafe warnet. Aplikasi ini. Seperti pada kebanyakan aplikasi Point Of Sales lainnya, aplikasi ini terdiri dari modul pembelian, penjualan, set harga dan lain - lain.

Dalam project aplikasinya, aplikasi Point Of Sales ini bisa menggunakan database Microsoft Access atau database Mysql. Bila anda mendowload aplikasi ini dan kemudian langsung dijalankan, maka database default yang dipake adalah Microsoft Access. Dan bila anda ingin menggantinya dengan database Mysql, ikuti langkah - langkah berikut :

  1. Pastikan Mysql telah terinstal.
  2. Pastikan Driver Connector Mysql 3.51 sudah terinstal di Sistem Operasi anda, jika belum punya driver tersebut anda bisa download di link di bawah ini.
  3. Driver Connector Mysql 3.51
  4. Importkan file dbbill.sql (yang terdapat dalam folder aplikasi ini) ke dalam Mysql anda.
  5. Pada file konek.prg sesuaikan seperti di gambar di bawah ini.
  6. Setting Aplikasi dengan menggunakan Database Microsoft Access
    Setting Aplikasi dengan menggunakan Database MySQL
  7. Username default saat menjalankan program adalah admin dengan password admin, setelah masuk program anda bisa menambahkan username sendiri.
  8. Sebelum anda menjalankan aplikasi program ini, registrasikan dulu file layar.dll (terdapat dalam satu folder dalam aplikasi ini) dengan mengetikkan regsvr32 c:\layar.dll di jendela run dimana c:\ adalah path dimana layar.dll tersimpan, seperti trik source-code-untuk-mengubah-resolusi yang pernah diposting sebelumnya.
File project  Aplikasi Penjualan (Point Of Sales ) pada CafeWarnet bisa anda download di link di bawah ini :



SELAMAT MENCOBA..!!

Konversi angka ke terbilang

Sering kali dalam aplikasi yang kita buat baik di dalam form atau di dalam laporan yang kita buat membutuhkan terjemahan dari angka ke dalam terbilang, misalnya "55" diterjemahkan menjadi "lima puluh lima". Konversi angka ke terbilang ini biasanya terdapat pada aplikasi akuntansi, keuangan, penjualan atau akademik.

Untuk melakukan konversi dari angka ke terbilang ini dapat dilakukan dengan banyak cara dengan berbagai macam logika yang dimiliki oleh programmer. Di link di bawah ini ada contoh penerapan dari logika untuk mengkonversi angka ke terbilang dengan rentang nilai 0 - 99999999999999.


Cara menggunakan modul konversi angka ke terbilang, sama dengan penggunaan Hexa Decimal Konverter karena sama- sama berupa file .prg yaitu sebagai berikut :
  1. Ketikkan set procedure to "c:\angka-terbilang_konverter.prg" di dalam command window, atau bila mau dimasukkan di form bisa dimasukkan di procedure init form. Sedangkan "c:\" itu adalah jika anda meletakkan file angka-terbilang_konverter.prg di C, path ini nanti silahkan diganti dengan path anda sendiri, tapi tentunya bila anda telah menjalankah syntax set defa to ... maka path ini tidak usah dicantumkan lagi.
  2. Untuk melakukan konversi dari angka ke terbilang ketikkan anktoterbilang(210) atau anktoterbilang("210"), angka 210 adalah angka yang akan anda konversikan ke terbilang, karena ini berupa fungsi maka hasilnya bisa ditampung dalam variable, misal anda ketikkan hasil=anktoterbilang(210) maka variable hasil akan berisi string "dua ratus sepuluh".
SELAMAT MENCOBA...!!

Build EXE di Visual Foxpro

Setelah melakukan coding dengan membuat banyak form yang dilengkapi dengan ratusan baris source code, langkah terakhir yang dilakukan pastinya adalah mem -build project aplikasi kita menjadi file EXE. File EXE ini nantinya yang akan dijalankan bila ingin mendistribusikan program yang telah dibuat tanpa butuh aplikasi visual foxpro. 

Dalam bahasa pemrograman yang lain seperti Visual Basic atau Delphi, pembuatan EXE ini adalah hal yang sangat sederhana, karna tinggal klik satu menu saja, EXE akan terbentuk dan otomatis bisa dijalankan. Hal ini agak beda dengan Visual Foxpro, walaupun juga menyediakan fungsi pembuatan EXE ini, dengan hanya menjalankan tombol Build di project mamager. Tetapi EXE yang dihasilkan tidak akan otomatis bisa dijalankan, jika tidak melakukan beberapa pengaturan sebelumnya. Masalah yang terjadi dalam pembuatan EXE di Visual Foxpro khususnya bagi pemula biasanya adalah sebagai berikut :

  1. File EXE berhasil terbuat tetapi saat dijalankan tidak menjalankan program apa - apa, atau dengan kata lain form utama yang diharapkan tampil pertama kali saat EXE atau program dijalankan, tidak bisa tampil.
  2. File EXE saat dijalankan bisa menampikan Form Utama tetapi ternyata dibelakangnya diikuti dengan tampilan form editor foxpro yang terkesan sangat mengganggu.
 Untuk dapat mengantisipasi 2 hal diatas, ada beberapa hal yang harus diikuti, dicermati dan diperhatikan. Hal - hal tersebut adalah :

  1. Dalam project manager di tab code, tambahkan satu file program.
  2. Di file program yang telah dibuat pada langkah 1, minimalnya isikan syntax di bawah ini (dimana frmutm sesuaikan dengan nama form yang nanti akan di jalankan pertama kali saat program dijalankan).
  3. do form frmutm 
    read event
  4. Setelah file program terbentuk, klik kanan file program tersebut dan pilih set main. Nama file program akan tercetak tebal (bold) setelah di set main.
  5. Di form utama atau form induk tambahkah syntax clear event di procedure destroy. Syntax clear event ini berpasangan dengan syntax read event. Untuk menutup program diperlukan syntax clear event, sebagai catatan syntax thisform.release dan quit hanya akan menutup form tidak menutup program, jadi jika ingin menutup program keseluruhan perlu syntax clear event (syntax clear event hanya bisa terliat hasilnya setelah jadi EXE, dalam mode editing atau project syntak tersebut tidak berefek apa - apa di form)
  6. Jangan lupa property ShowWindow dari form utama atau form induk harus bernilai 2-As top-level Form.
  7. Bila langkah 1 - 5 dipenuhi maka EXE yang anda buat dipastikan bisa di jalankan dan form utama anda akan bisa ditampilkan. Tetapi nantinya selain form utama anda yg tampil akan juga ditampilan jendela visual foxpro dibelakangnya. Hal ini pastinya akan sangat mengganggu tampilan dari aplikasi anda. Untuk mengatasi hal tersebut lakukan langkah 7 atau langkah 8 berikut ini. (langkah 7 & 8 berupa pilihan, yang artinya jika anda menjalankan langkah 7 anda tidak perlu menjalankan langkah 8 dan sebaliknya)
  8. Dalam file program yang telah di buat pada langkah 2, tambah syntax _screen.visible=.f. di baris paling atas atau diatas 2 syntax yang telah ada di program utama tersebut.
  9. Pada tab Other pada project manager tambahkan Text Files. Kemudian dalam Text Files tersebut ketikkan syntax SCREEN=OFF. Setelah itu simpan Text Files tersebut dengan nama CONFIG.FPW (jangan lupa untuk bisa menyimpan dengan ekstensi .FPW, saat menyimpan di "Save As Type" pilih "All Files" dan di "Save Document" ketikkan CONFIG.FPW.
Dengan menjalankan langkah 1- 8 diatas maka EXE akan terbentuk dengan sempurna dan bisa dijalankan secara normal. Tetapi EXE anda hanya bisa dijalankan jika di Sistem Operasi anda sudah terinstal Microsoft Visual Foxpro, trus bagaimana jika aplikasi Visual Foxpro belum terinstal???...saya yakin EXE anda tetap tidak akan bisa dijalankan, meskipun anda telah melakukan langkah 1 - 8 dengan benar.

Untuk mengatasi hal tersebut diatas atau jika anda ingin menjalankan EXE anda tanpa tergantung dengan instalasi Microsoft Visual Foxpro maka anda perlu file libary Visual Foxpro yang harus anda sertakan satu folder dengan EXE yang telah anda buat. Untuk itu anda bisa download File Library Visual Foxpro 9.0 di bawah ini : (File library Visual Foxpro 9.0 hanya mendukung EXE yang juga dibuat dari Visual Foxro 9.0 untuk Versi Foxpro sebelumnya File Librarynya lain lagi)

*Setelah bisa membuat EXE selanjutnya yang harus dipelajari adalah Mempackage EXE tersebut.




SELAMAT MENCOBA...!!!

    Konversi bilangan HEXA ke Decimal

    Hexa decimal atau sistem bilangan basis 16 adalah sebuah sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol. Berbeda dengan sistem bilangan decimal simbol yang digunakan dari sistem ini adalah angka 0 sampai 9, ditambah dengan 6 simbol lainnya dengan menggunakan huruf A hingga F. Dalam pemrograman terkadang kita memerlukan fungsi konversi bilangan seperti ini, misalnya jika kita akan membuat aplikasi kalkulator atau yang lainnya.

    Di link dibawah ini ada sebuah file .prg (file program milik visual foxpro) yang berisikan fungsi untuk mengkonversi Hexa ke Decimal dan sebaliknya Decimal ke Hexa yang dapat gunakan dengan instan bila memerlukan fungsi konversi tersebut.



    Langkah - langkah penggunaan dari Hexa Decimal Konverter ini adalah sebagai berikut  :
    1. Ketikkan set procedure to "c:\hexa-decimal_konverter.prg" di dalam command window, atau bila mau dimasukkan di form bisa dimasukkan di procedure init form. Sedangkan "c:\" itu adalah jika anda meletakkan file hexa-decimal_konverter.prg di C, path ini nanti silahkan diganti dengan path anda sendiri, tapi tentunya bila anda telah menjalankah syntax set defa to ... maka path ini tidak usah dicantumkan lagi.
    2. Untuk melakukan konversi dari decimal ke hexa ketikkan dectohexa(12) angka 12 adalah angka decimal yang akan anda konversikan ke hexa, karena ini berupa fungsi maka hasilnya bisa ditampung dalam variable misal anda ketikkan hasil=dectohexa(12)maka variable hasil akan berisi nilai hexa dari bilangan decimal 12. Hasil konversi Dec ke Hexa ini nantinya berformat char atau string.
    3. Sedangkan untuk konversi dari bilangan hexa ke decimal maka fungsi yang digunakan adalah hexatodec("000c"). Bilangan "000c" adalah bilangan Hexa yang akan di konversi ke Decimal. Untuk konversi dari Hexa ke Decimal inputan parameter nilai Hexanya harus diapit tanda petik karna akan dibaca sebagai string. Hasil konversi Hexa ke Dec ini nantinya berformat integer.

    Selamat Mencoba...!!!